Daftar Wanita Terkaya di AS

Christy Ruth Walton
Sumber :
  • Forbes
VIVAnews
KPU Siap Lanjutkan Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 untuk Maluku dan Jabar
- Jumlah miliarder perempuan Amerika Serikat tahun ini yang masuk dalam Forbes 400 bertambah 12 persen dibanding tahun lalu.

Kata Jay Idzes Usai Gabung Timnas Indonesia, Ungkap Pemain Ini Paling Membantu

Dikutip dari laman
Pekerjakan Gadis Belia jadi PSK Tarif Rp500 Ribuan, Mami Si Mucikari Tangerang Diciduk
Forbes , Rabu 1 Oktober 2014, sepuluh wanita terkaya di AS memiliki total kekayaan US$169,9 miliar, atau naik 8,5 persen dibanding tahun lalu.


Wanita terkaya di AS dalam daftar itu, juga menjadi wanita terkaya di dunia, yakni Christy Walton. Nilai saham Wal-Mart, perusahaan yang ia warisi, melonjak tahun ini yang menyebabkan jumlah kekayaannya naik menjadi US$38 miliar, dari sebelumnya US$35,4 miliar.


Christy Walton menjadi orang terkaya nomor 6 di AS. Ia kemudian menikah dengan salah satu keluarga terkaya di dunia dan mewarisi harta dari suaminya, John Walton, yang meninggal dalam sebuah kecelakaan pesawat pada 2005.


Mertua Christy Walton adalah Sam, pendiri Wal-Mart yang saat ini menjadi peritel terbesar di dunia.


Sementara itu, wanita terkaya kedua di AS adalah adik ipar Christy Walton, yakni Alice Walton, dengan perkiraan jumlah kekayaan US$34,9 miliar. Dia menempati urutan ke-9 di keseluruhan Forbes 400.


Pendatang baru miliarder wanita yang banyak mendapat sorotan adalah Elizabeth Holmes. Jumlah kekayaannya melonjak drastis setelah harga saham Theranos, perusahaan diagnosa darah yang ia dirikan, menguat tajam.


Holmes mendirikan Theranos pada usia 20 tahun dengan uangnya sendiri dari tabungannya selama kuliah. Wanita ini masuk menjadi miliarder baru berkat usahanya mengembangkan teknologi tes darah yang memungkinkan setetes darah dapat digunakan untuk lebih dari 100 tes laboratorium berkembang pesat di masyarakat.


Jumlah kekayaannya yang mencapai US$4,5 miliar menjadikan dia dinobatkan menjadi miliarder wanita termuda yang mendapatkan kekayaan dari hasil usahanya sendiri.


Holmes berhasil menggeser posisi miliarder wanita sebelumnya yang juga mendapatkan uang dari hasil kerja kerasnya sendiri, seperti Oprah Winfrey dengan jumlah kekayaan US$3 miliar, dan mantan CEO eBay, Meg Whitman yang menghimpun kekayaan US$2 miliar.


Wanita mandiri lain, yakni Diane Hendricks dengan kekayaan US$3,6 miliar, Doris Fisher US$3,3 miliar, Judi Faulkner US$2,4 miliar, Elaine Wynn US$2,4 miliar, dan Johnelle Hunt dengan kekayaan US$2 miliar.


Hal menarik dalam daftar itu adalah ada 47 miliarder wanita, lebih banyak 5 miliarder wanita dibandingkan tahun lalu. Adapun, usia rata-rata miliarder wanita berusia 65,5 tahun dengan jumlah total kekayaan US$273,5 miliar. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya