Proyek Tanggul Raksasa Diharapkan Mulai Pekan Depan

Proyek Giant Sea Wall atau tanggul raksasa
Sumber :
  • ncicd.com

VIVAnews - Pemerintah segera merealisasikan proyek pembangunan tanggul raksasa di pantai utara Jakarta atau Giant Sea Wall. Proses pembangunan proyek dengan nama resmi National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) ini akan dimulai dengan pekerjaan pemasangan tiang pancang (ground breaking) pada pekan depan.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum, Basoeki Hadimoeljono, Kamis 2 Oktober 2014, mengungkapkan, ada beberapa hal penting yang akan dibahas dengan Menteri Koordinator Perekonomian sebelum tahap ground breaking itu dimulai.

"Besok akan dilakukan penerimaan masterplan secara resmi," ujar Basoeki di Jakarta.

Selain itu, ia melanjutkan, pemerintah akan menentukan kelembagaan dan pembiayaan proyek ini. Pihak yang akan dilibatkan dalam pembahasan ini antara lain Menko Perekonomian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup, Gubernur DKI Jakarta, dan juga Menteri Pekerjaan Umum.
 
Menurut Basoeki, Kementerian PU mengusulkan proses ground breaking proyek tanggul raksasa ini dilakukan pada 9 Oktober 2014. Pemasangan tiang pancang ini akan menggunakan dana APBN dan juga APBD.

Pemerintah DKI Jakarta menyediakan Rp100 miliar, sedangkan pemerintah pusat menyiapkan dana sekitar Rp10-15 miliar.

Pada APBN 2015, ia menambahkan, pemerintah telah menganggarkan pembangunan tanggul ini. Namun, ia tak mau menjelaskan lebih rinci mengenai besaran dana anggaran yang dialokasikan pada APBN 2015.

"Anggarannya masuk ke Ditjen Sumber Daya Air," kata Basoeki. (art)

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024