Reaktivasi Rel dan Stasiun Tua, Kemenhub Anggarkan Rp850 Miliar

Sendiri di rel kereta
Sumber :
  • http://www.dailysylvia.com

VIVAnews - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menargetkan aktivasi ulang sejumlah rel kereta api dan stasiun tua yang ada di Jawa Tengah, selesai pada akhir 2015. Anggaran yang disiapkan mencapai Rp850 miliar.

Rel baru sepanjang 32 kilometer dan tiga stasiun baru akan dibangun dalam aktivasi ulang jalur kereta api Ambarawa-Kedungjati, yang sudah mati sejak 1970.

Dirjen Perkeretaapian, saat ini memasang lebih dari 28 titik CCTV di jalur kereta api yang sedang dikerjakan, untuk memantau pengerjaan proyek, agar selesai tepat waktu.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Hendy Siswanto, mengatakan tahun ini pemerintah mengucurkan anggaran Rp550 miliar.

Dana tersebut, digunakan untuk pembangunan rel dan stasiun baru, yakni Stasiun Tempuran, Stasiun Bringin, dan Stasiun Gogodalem yang saat ini kondisinya memang sudah tidak layak lagi.

Selain itu, sejumlah tikungan tajam dan tanjakan akan dihilangkan dalam aktivasi rel, karena teknologi kereta api yang ada sekarang berbeda dengan yang digunakan dahulu.

Anggaran tersebut, juga digunakan untuk membangun sistem persinyalan mekanik yang sangat dibutuhkan untuk jalur perkeretaapian.

Dia berharap, adanya aktivasi jalur kereta api Ambarawa-Kedungjati ini akan meningkatkan perekonomian warga di Jawa Tengah, dengan adanya transportasi kereta api.

Selain itu, diharapkan warga tidak perlu lagi repot mengalami kemacetan yang saat ini kerap melanda jalur Pantai Utara Jawa (Pantura).

Dia menambahkan, rencananya, aktivasi rel Ambarawa-Kedungjati ini menjadi awal dari rencana untuk mengkoneksikan kembali jalur kereta api di seluruh Jawa Tengah, di mana nantinya semua stasiun tua yang ada akan diaktivasi kembali, sehingga jalur kereta yang lama mati bisa digunakan lagi.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

(Aditya Bayu/asp)

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024