Pertamina Operasikan SPB Vi-Gas di Mabes TNI Cilangkap

Plt. Dirut Pertamina Muhammad Husein
Sumber :
  • VIVAnews | Arie Dwi Budiawati

VIVAnews - PT Pertamina hari ini mulai mengoperasikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Vi-Gas di lingkungan Mabes TNI Cilangkap.

Plt Direktur Utama Pertamina, Muhamad Husen, menyatakan bahwa langkah ini merupakan salah satu bentuk dukungan Pertamina dan TNI dalam mewujudkan Program Langit Biru serta mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dan mengalihkannya ke bahan bakar gas (BBG).

"Dalam hal konversi BBM ke bahan bakar gas Pertamina sudah mempersiapkan dengan baik dari segi infrastruktur, sumber pasokan, dan retail penjualan dari hulu hingga hilir,” ujar Husen dalam keterangan tertulis.

Menurut Husen, Pertamina sebagai BUMN energi telah mengembangkan beberapa bahan bakar alternatif untuk dikonsumsi oleh masyarakat, salah satunya adalah LGV (Liquefied Gas for Vehicle) yang dikenal dengan merek Vi-Gas.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Bahan bakar gas yang diformulasikan untuk kendaraan bermotor ini terdiri dari campuran Propane (C3) dan Butane (C4) dengan spesifikasi yang telah disesuaikan untuk keperluan mesin kendaraan bermotor sesuai dengan SK Dirjen Migas No. 2527.K/24/DJM/2007.

Dengan RON lebih dari 98, ia melanjutkan, Vi-Gas memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan BBM. Antara lain ramah lingkungan, pembakaran yang sempurna, bebas sulfur dan timbal, memperpanjang siklus penggantian pelumas, memperpanjang umur mesin, suara mesin halus dan bebas knocking.

Vi-Gas juga memiliki keunggulan lain, seperti efisien dalam hal biaya pembangunan dan pengoperasian stasiun pengisian, serta converter kit sehingga dengan berbagai keunggulan tersebut LGV menjadi pilihan banyak konsumen otomotif dunia.

Jika dilihat dari populasi kendaraan yang mengkonsumsi serta jumlah stasiun pengisiannya, ia menambahakan, LGV yang di Indonesia dikenal dengan merek Vi-Gas, menempati urutan ketiga bahan bakar transportasi yang paling banyak dikonsumsi di dunia setelah gasoline dan diesel.

"Di seluruh dunia, LGV, digunakan oleh lebih dari 23 juta kendaraan dan tersedia di lebih dari 67 ribu stasiun pengisian,” kata  Husen. 

Untuk mendukung pengembangan pasar Vi-Gas di Indonesia, hingga saat ini Pertamina telah mengoperasikan SPB Vi-Gas di 11 SPBU di daerah Jabodetabek dan 3 SPBU di Bali. Sebagai tambahan, untuk daerah Jabodetabek terdapat 8 SPBU yang sudah siap dioperasikan sebagai SPB Vi-Gas yang baru. (ren)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024