Pilihan Rekening Gabungan Atau Terpisah Bagi Pasangan Baru

Ilustrasi pasangan bertengkar
Sumber :
  • iStock
VIVAnews
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Ketika Anda dan pasangan sudah resmi berumah tangga, Anda berdua akan saling membagi kehidupan, termasuk tugas dan tanggung jawab.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Sebelum atau diawal pernikahan, Anda dan pasangan sudah seharusnya membahas bagaimana Anda akan membagi tugas rumah tangga, mulai dari memasak hingga membersihkan perkarangan saat akhir pekan.
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos


Dan salah satu pembagian yang Anda berdua juga harus bahas adalah keuangan, khususnya rekening bank.

1. Rekening tersendiri atau terpisah


Ketika Anda sudah resmi berumah tangga, Anda bisa membuka rekening gabungan di bank. Nah, inilah yang Anda harus dibicarakan dengan pasangan - apakah Anda ingin menjaga rekening terpisah atau sendiri-sendiri atau Anda ingin memiliki keduanya?


Jika pasangan memiliki pemasukan sendiri, maka bisa dibicarakan berapa persen yang Anda berdua harus sisihkan untuk rekening bersama. Dan jika Anda memutuskan untuk menjaga rekening pribadi, Anda berdua tetap harus jujur tentang pengeluaran.


2. Ketahuilah kelebihan memiliki rekening gabungan dan terpisah


Jika Anda berdua memiliki penghasilan masing-masing, keuntungan mempunyai rekening gabungan adalah jumlah tabungan yang lebih banyak dibanding sendiri. Jadi, Anda berdua akan menikmati hasil bunga yang lebih tinggi.


Namun, rekening terpisah pun baik jika salah satu dari Anda mempunyai usaha yang dibiayai sendiri. Memiliki rekening terpisah akan membantu menjaga kerapihan pembukuan usaha Anda, khususnya ketika harus membayar pajak. Selain itu, jika kebiasaan keuangan Anda berbeda, menjaga rekening terpisah bisa menjadi ide yang baik.


3. Membayar tagihan dari rekening mana


Anda berdua kini bertanggung jawab dalam membayar berbagai rekening bulanan rumah tangga, seperti air dan listrik. Untuk memudahkan pembayaran, Anda bisa menggunakan fasilitas
auto-pay
dimana tagihan bulanan Anda akan otomatis didebet dari rekening.


Jika Anda memiliki rekening gabungan, maka akan mudah bagi Anda berdua untuk memutuskan rekening mana yang akan di
auto-debet
.


Namun, jika rekening Anda benar-benar terpisah, maka Anda harus bicarakan rekening siapa yang akan dilengkapi fasilitas
auto-debet
. Jika Anda berdua ingin membagi tanggung jawab dalam membayar tagihan bulanan, maka satu pasangan tinggal menyumbang uang ke rekening yang dikaitkan dengan tagihan bulanan.


4. Bicarakan pengeluaran bulanan


Khususnya bagi mereka yang memutuskan untuk mengabungkan rekening, bahas aturan main menggunakan rekening ini. Buat anggaran bulanan, dan saling setujulah untuk memprioritaskan pengeluaran untuk hal-hal mendasar terlebih dahulu. Misalnya, ketika gaji masuk, Anda berdua langsung membayar cicilan KPR dan mobilitas,  bukannya jalan-jalan keluar kota.


Bahas juga anggaran atau maksimal pengeluaran untuk gaya hidup pribadi, seperti membeli sepatu oleh sang isteri ataupun koleksi
jersey
bola yang menjadi hobi sang suami.


5. Ubah dokumentasi bank


Ketika Anda dan pasangan sudah menikah, jangan lupa untuk memperbarui data diri yang ada di bank. Jika Anda punya rekening pribadi, beri tahu pada
customer service
untuk mengubah status Anda menjadi sudah menikah, dan mencantumkan nama suami atau isteri Anda sebagai nama pasangan, ataupun pihak yang bisa dihubungi jika sesuatu terjadi.


Lakukan hal yang sama untuk dokumentasi terkait, seperti asuransi jiwa atau kesehatan yang Anda beli dari bank tersebut.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya