Ini Tantangan bagi Jokowi di Sektor Energi

Presiden terpilih Joko Widodo
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVAnews - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo di era Kabinet Indonesia Bersatu II, Senin 20 Oktober 2014, menyatakan bahwa pekerjaan dan tanggung jawab Joko Widodo selaku Presiden RI ke-7 cukup banyak di bidang energi.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Pada sektor migas, Jokowi --sapaan Joko Widodo-- harus melaksanakan empat program yang disebut dengan Catur Dharma Energi. Yaitu, meningkatkan eksplorasi migas, mengurangi konsumsi dan impor bahan bakar minyak, mengembangkan energi baru dan terbarukan secara masif untuk membangun penyediaan listrik menggunakan sumber energi dalam negeri, dan konservasi energi,

Ia menjelaskan, untuk kelistrikan, Jokowi harus mulai proyek pembangunan pembangkit listrik baru dengan kapasitas sekitar 6-10 ribu MW hingga 2025. Ini penting sebagai infrastruktur utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan memenuhi kebutuhan listrik 1,1 persen.

"Termasuk, pemanfaatan sumber energi yang pas berdasarkan kebijakan energi dan tidak punya pilihan selain menaruh batu bara untuk pembangkit listrik, paling tidak 60 persen," ujar Susilo di Jakarta.

Netizen Kritik Adab Nagita Slavina Kasih Bekas Makanan dari Gigitannya ke Karyawan RANS

Di sektor mineral dan batu bara, Jokowi pun harus meningkatkan penyelesaian masalah amendemen kontrak karya (KK). Selain itu, pembangunan industri hilir pertambangan wajib mendapat perhatian.

"Membuat mining policy. Ini sudah disiapkan, tinggal dilanjutkan," kata Susilo.

Susilo berharap kabinet pemerintahan yang baru nanti juga mengembangkan energi baru terbarukan, seperti pemanfaatan biodiesel dari crude palm oil (CPO) dan kemiri sunan.

Pekerjaan lainnya yang menanti adalah pembangunan kilang dan pengurangan subsidi BBM. "Di samping itu, tantangan beliau sudah harus ada perubahan mental. Koordinasi antar kementerian harus diperbaiki," kata dia. (art)

Siskaeee.

Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi

Kepolisian telah melimpahkan berkas kasus Siskaeee bersama 10 pemeran film porno lokal lain ke kejaksaan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024