Kadin: Tak Masalah Parpol Atau Bukan, Pokoknya Profesional

Suryo B. Sulistio
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto
VIVAnews
Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse
- Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Suryo Bambang Sulisto, Jumat 24 Oktober 2014, menyatakan bahwa kalangan pengusaha berharap Presiden Joko Widodo membentuk kabinet yang berisi para tokoh profesional dan berpengalaman, terutama tim menteri ekonomi.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

"Kadin mengharapkan menteri-menteri yang mumpuni, profesional, dan paham di sektornya," ujar Suryo Bambang Sulisto di Jakarta.
Jawaban Menohok Chandrika Chika saat Hendak Dibawa ke BNN Lido


Menurut Suryo, para menteri kabinet lima tahun mendatang sebaiknya orang yang punya rekam jejak dan dan menguasai bidang tugasnya. Tak menjadi masalah jabatan-jabatan tersebut diisi oleh orang partai politik maupun non partai politik. Yang penting, orang itu dipilih karena profesional dan berintegritas.


"Kalau masih belajar, tubruk sana-sini, kan bisa repot juga," kata Suryo.


Duet Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam pemerintahan juga diharapkan memprioritaskan tiga hal dalam seratus hari pertama bekerja.


Pertama, membenahi subsidi BBM. Kedua, menciptakan stabilitas politik. Ketiga, menjaga iklim usaha yang lebih ramah dan kondusif.


"Kalau itu dijaga, kepercayaan dunia usaha akan pulih lagi," kata Suryo.


Ia membantah anggapan bahwa Kadin telah merekomendasikan sejumlah nama untuk masuk kabinet Joko Widodo -Jusuf Kalla. "Tidak pernah. Kami hanya mengatakan, kalau perlu sumber-sumber orang profesional, kami punya banyak. Saya punya 35 wakil ketua umum," kata Suryo.


Ia menyebutkan antara lain Rahmat Gobel yang merupakan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Infrastruktur dan Ilham Habibie yang aktif sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Riset dan Teknologi.


Apakah Kadin tidak menyodorkan ketua umumnya untuk menjadi menteri? Menanggapi pertanyaan ini, Suryo sempat tertawa.


"Nggak, nggak. Saya Sudah tua. Saya mau mengurusi dunia usaha saja," kata Suryo sembari terkekeh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya