4 Rencana Keuangan Penting untuk si Jomblo

Ilustrasi wanita pakai ponsel saat belanja
Sumber :
  • iStock

VIVAnews - Berstatus single ada enaknya juga. Selain bisa bebas ke mana saja, tanggungan keuangan si jomblo lebih ringan dibanding mereka yang memiliki keluarga. Meskipun sebenarnya banyak juga para lajang yang ikut membantu orang tua dan adik-adik mereka.

Karena tanggungannya lebih ringan, orang single pun lebih leluasa dalam menggunakan uangnya. Beli gadget baru, nonton di bioskop sampai ngopi-ngopi sehabis kerja, bukan sesuatu hal yang susah untuk dilakukan.

Padahal, masa lajang adalah saat yang tepat untuk membangun tabungan dan investasi. Mumpung ada dana lebih dan ada kemampuan untuk menanggung risiko lebih besar.

Inilah empat perencanaan keuangan yang sebaiknya mulai dilaksanakan oleh jomblowan dan jomblowati:

1. Buat dan penuhi target menabung

Walapun single, Anda juga harus mulai menabung untuk mengantisipasi kebutuhan masa depan Anda. Suatu hari, Anda mungkin akan menikah, atau memutuskan untuk membeli rumah, atau kendaraan untuk diri sendiri, atau keluarga Anda nantinya.

Maka dari itu, mulailah untuk menabung dana yang Anda perlukan dari sekarang. Menurut aturan budgeting yang sehat, 20 persen dari gaji Anda harus dialokasikan untuk menabung.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Nah, dari 20 persen ini, Anda bisa membagi separuh ke tabungan untuk membeli barang konsumtif, dan setengahnya lagi untuk keperluan jangka panjang. Agar tidak saling tercampur, Anda bisa menabung dua dana berbeda ini di rekening berbeda, atau menaruh tabungan jangka panjang di rekening deposito.

Jika Anda sudah mulai menabung dari sekarang, Anda tidak akan kewalahan mencari sumber dana jika suatu hari nanti bertemu tambatan hati dan memutuskan untuk menikahinya.

2. Mulai membeli aset dan investasi

Hanya karena Anda lajang, bukan berarti Anda tidak mulai membangun aset dan investasi. Anda bisa pelan-pelan mengumpulkan uang untuk membeli emas batangan, walau hanya beberapa gram.

Dan jika Anda mampu, mengapa tidak mulai mencicil kendaraan dengan kredit atau rumah dengan mengambil KPR? Aset dan investasi ini Anda lakukan demi masa depan Anda. Jika Anda menikah suatu harinya, Anda dan pasangan tidak lagi harus susah-susah mulai mengambil kredit kendaraan atau rumah.

3. Asuransi untuk lindungi diri

Karena Anda single, Anda harus bisa menjaga diri lebih baik. Asuransi adalah produk keuangan yang bisa membantu Anda melakukan ini. Sebagai permulaan, Anda bisa mengambil asuransi kesehatan yang akan berguna jika Anda jatuh sakit.

Meskipun sudah ada BPJS, Anda tetap bisa membeli produk asuransi dari perusahaan swasta untuk semakin menjamin perlindungan yang Anda dapatkan.

4. Mulai menabung untuk masa pensiun

Mumpung Anda bujang, mulailah menabung untuk masa pensiun. Bank dan asuransi mempunyai produk bernama dana pensiun lembaga keuangan (DPLK) yang akan membantu Anda menabung untuk masa tua.

Karena Anda single, Anda belum memiliki tanggungan sebanyak orang yang sudah menikah. Manfaatkan keadaan ini untuk menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk pensiun. Semakin dini Anda memulainya, semakin banyak pula dana yang akan terkumpul nantinya. (art)

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016