Menkeu: Penerimaan Negara 2014 Tak Akan Tercapai

Menteri Keuangan
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu
VIVAnews - Presiden Joko Widodo meminta Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro untuk menyelamatkan anggaran 2014. Sebab, dipastikan penerimaan negara pada tahun ini sulit tercapai.
Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

"Tantangan terbesar adalah mengejar target penerimaan yang masih jauh dan hampir pasti, target penerimaan negara tidak akan tercapai," kata Bambang, usai menggelar rapat terbatas, Kamis 30 Oktober 2014.
Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Sehingga, kata Bambang, pemerintah saat ini hanya fokus untuk mengurangi jarak yang besar antara target dan penerimaan negara. Misalnya, dengan cara mengurangi belanja negara.
Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

"Kami minta kementerian dan lembaga untuk berhemat. Presiden minta agar APBN 2014, aman sampai akhir tahun ini," ujar dia.

Selain itu, kata Bambang, Jokowi meminta agar Kementerian Keuangan dan Dirjen Pajak untuk mengintensifkan penerimaan, karena seharusnya penerimaan pajak jauh di atas penerimaan yang saat ini.

Pengintensifan penerimaan pajak itu, kata Bambang, misalnya membangun pondasi dengan penegak hukum, adanya fleksibilitas dirjen pajak, dan beberapa kebijakan agar wajib pajak lebih patuh dalam membayar pajak.

Menurut Bambang, dia akan fokus pada pajak perusahaan-perusahaan tambang. "Yang pasti, presiden memberikan kewenangan penuh pada dirjen pajak," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya