Pesan Dahlan Saat Sertijab Menteri BUMN: Jangan Sering Ganti Dirut

Dahlan Iskan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
VIVAnews
Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia
- Serah terima jabatan menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hari ini, Jumat 31 Oktober 2014, dilakukan di Kamenterian BUMN. Dalam kesempatan itu, pejabat sebelumnya, Dahlan Iskan, mengaku optimistis di bawah kepemimpinan Rini Soemarno, kementerian pelat merah itu dapat membuat terobosan-terobosan baru.

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia

Menurut Dahlan, Rini memiliki segudang pengalaman yang lebih luas dalam mengelola perusahaan, meskipun dari sisi usia 10 tahun lebih muda.
Pratama Arhan Jadi Sasaran Bully Netizen, Ibunda Teteskan Air Mata


"Saat beliau sudah CEO Astra, saya masih wartawan," ujarnya.


Dahlan menjelaskan, pengalaman Rini yang sempat menjadi pimpinan perusahaan multinasional, dapat diterapkan di perusahaan BUMN. Untuk itu, kualitas pengelolaan perusahaan BUMN diharapkan dapat meningkat.


"Astra adalah kiblat manajemen di Indonesia dan yang terbaik dalam praktik manajemen,
corporate governance
, pengelolaan
clean and clear
. Bu Rini dibesarkan di sana," tambahnya.


Karena itu, Dahlan berpesan, pergantian direktur utama perusahaan BUMN tidak sering dilakukan. Karena, kultur yang dibangun tidak akan kuat sebagai landasan kerja di masa depan.


"Kecuali yang jelek harus diganti, lebih cepat lebih baik, supaya tidak mengganggu. Saya percaya di tangan Bu Rini akan lebih maju," imbuhnya.


Rini Soemarno mengaku optimistis dapat meneruskan kinerja baik Dahlan Iskan selama ini. Di masa depan, lanjutnya, peran BUMN sebagai agen pembangunan akan terus ditingkatkan.


"Saya optimistis dapat terus membangun BUMN menjadi profesional dan transparan untuk keperluan masyarakat. Sehingga, BUMN betul-betul menjadi agen pembangunan," tambahnya.


Dia akan terus bertukar pikiran dengan Dahlan Iskan, guna menciptakan terobosan-terobosan baru dalam pengembangan BUMN. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya