Topang Kenaikan BBM, Pemerintah Luncurkan 3 Kartu

Politisi PDI Perjuangan Puan Maharani
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVAnews - Peluncuran program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan diadakan pada 3 November 2014 oleh Presiden Joko Widodo.

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN

Demikian diungkapkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) saat menyampaikan rencana peluncuran tiga kartu itu.

"Alasan mengapa harus segera dilakukan, agar secepatnya keluarga Indonesia bisa menikmati fasilitas pendidikan dan kesehatan yang lebih baik dari sebelumnya," paparnya usai rakor di Menko PMK Jakarta, Jumat, 31 Oktober 2014.

Puan mengatakan program ini terkait dengan rencana pemerintah menjelang kebijakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dinaikan. "Rencana pemerintah akan menaikantahun ini, kartu ini diharapkan bisa dinikmati oleh masyarakat," imbuhnya.

Pendataan penduduk penerima bantuan iuran, Puan meminta Menteri Dalam Negeri untuk meng-update akurasi data terakhir berdasarkan data 20 Oktober 2014 sampai hari ini.

Namun, untuk Kartu Indonesia Pintar baru dapat digunakan di 2015 mendatang pada saat ajaran baru.

Menteri Pendidikan menjelaskan, pihaknya akan meng-cover sejumlah 152.434 siswa. Penerima bantuan siswa miskin, pada fase pertama, pihaknya akan menggunakan data lama. "Fase 1 akan menggunakan data-data siswa miskin yang kemarin jadi penerima bantuan siswa miskin," tutur dia. (ren)

:

Erick Thohir Klaim Temukan 53 Kasus Korupsi di BUMN
Visualisasi pengembangan organisasi BRI melalui BRIVolution 2.0

Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0

Manfaatkan momentum pandemi sebagai stimulus terjadinya pengembangan organisasi, BRI dorong implementasi BRIVolution 2.0

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021