Lima Jalanan Terdingin di Dunia

Truk sedang melintasi jalanan yang tertutup salju di Alaska, Amerika Serikat
Sumber :
  • Autoexpress

VIVAnews - Pernahkan Anda membayangkan mengendarai mobil dari satu kota ke kota lain dengan pemandangan pegunungan yang diselimuti salju?

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

Apabila dibayangkan, mungkin akan terlihat indah. Namun, saat benar-benar menjalaninya Anda akan mulai sadar bahwa salju dan es yang tampak indah juga membawa kesulitan tersendiri, yakni apabila mulai menyelimuti jalanan yang Anda lalui.

Namun, bila Anda adalah orang yang suka akan tantangan, Anda bisa mencoba berkendara di lima jalanan ini, di mana kelimanya selalu diselimuti dengan udara dingin sepanjang tahunnya. Berikut daftarnya yang diambil dari situs Autoexpress:

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Cairnwell Pass, Skotlandia

Sebagai jalanan dengan lokasi terttinggi di Inggris, cairnwell pass adalah salah satu jalan, di mana kita harus terlebih dahulu memeriksa prakiraan cuaca sebelum melewatinya. Dibangun pada 1750 silam, sebagai jalan untuk mengantarkan ternak ke pasar terdekat, jalanan ini kini hanya menuju ke satu tempat saja yakni Glenshee Ski Center.

5 Fakta Mengerikan Timnas Indonesia Usai Singkirkan Korea Selatan di Piala Asia U-23

Berada di ketinggian 670 meter di atas permukaan laut (DPL) membuat jalan ini sering ditutupi salju dan es. Kelokan dan tanjakan yang curam juga membuat perjalanan menjadi lebih menegangkan.

Arjeplog, Swedia

Cuaca buruk bisa saja membawa keberuntungan, seperti kota Arjeplog di Swedia ini. Berlokasi tidak jauh dari kutub utara, setiap musim dingin populasi kota ini naik dari 2.000 menjadi 5.000 jiwa. Kenaikan ini disebabkan oleh para pendatang yang kebanyakan merupakan insinyur dan mekanik dari berbagai produsen mobil.

Mereka datang untuk menuju ke Danau Hornavan, danau paling panjang dan dalam di Swedia. Tiap musim dingin suhu di danau ini akan turun hingga minus 20 derajat Celcius, menjadikannya sebagai arena untuk uji coba kendaraan dan ban model terbaru. Selain bisa melihat-lihat mobil tipe terbaru, Anda juga dapat belajar mengemudi di atas permukaan es pada salah satu sekolah yang ada di sekitar danau.

Jalan Tol Kolyma, Rusia

Tidak ada jalan yang lebih menakutkan selain jalan tol Kolyma ini. Berada di atas permukaan es yang tidak pernah mencair, jalanan ini disebut-sebut sebagai jalanan dengan suhu udara paling dingin di dunia.

Jalanan ini menghubungkan kota Magadan dan Nizhny Bestyakh, yang berada di sisi paling timur negara Rusia, dan hanya berjarak 100 kilometer saja dari Oymyakon - tempat paling dingin di dunia, di mana tidak ada satu mahluk pun yang hidup dan berkembang biak.

Bila Anda bertanya pada penduduk sekitar tentang Kolyma, yang paling sering diceritakan adalah bagaimana jalan itu pertama kali dibangun di era Stalin oleh para pekerja paksa dan mereka yang meninggal dan dikuburkan di bawah aspal jalan.

McMurdo Highway, Antartika

Bila Anda bukan ilmuwan, atau tentara, kecil kemungkinan Anda akan melewati jalanan ini. Memiliki panjang 1.600 kilometer, jalanan yang terbuat dari es ini menghubungkan stasiun penelitian McMurdo dan stasiun Amundsen-Scott di kutub selatan.

Jalanan ini dibuat untuk mengantarkan perbekalan dan peralatan penunjang penelitian, saat kondisi cuaca sedang buruk, di mana tidak ada pesawat, atau helikopter yang boleh terbang. Perjalanan dilakukan menggunakan traktor merek Caterpillar yang dimodifikasi khusus untuk menarik kereta salju. Butuh waktu sekitar 40 hari dari satu stasiun ke stasiun yang lain.

Dalton Highway

Jalanan sepanjang 666 kilometer ini menghubungkan kota Fairbanks di Alaska, Amerika Serikat dengan laut di kutub utara dimana banyak perusahaan minyak yang melakukan eksplorasi di sana.

Dibangun pada 1974, sebagai bagian dari proyek jalur pipa Trans-Alaska, kini jalanan ini lebih banyak dikenal melalui serial televisi Ice Road Truckers. Hanya ada tiga kota yang dilewati jalur ini, meski demikian setiap harinya tidak kurang dari 250 truk menempuh jalur ini untuk mengantarkan muatan.

Jalanan ini terkenal dengan hembusan anginnya yang sangat kuat, serta sering turun badai salju. Di musim dingin suhunya bisa turun hingga ke angka minus 32 derajat Celcius, menjadikan jalan tol Dalton sebagai salah satu jalan yang paling berbahaya di dunia.

Baca juga:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya