Jalur Kereta Api Pertama di Indonesia Bakal Dihidupkan Lagi

Museum Kereta Api Ambarawa
Sumber :
  • www.gonla.com

VIVAnews - PT Kereta Api Indonesia telah melakukan penertiban terhadap 134 bangunan di sepanjang Tuntang-Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Itu dilakukan dalam rangka proyek reaktivasi kereta api lintas Kedungjati-Tuntang-Ambarawa, sepanjang 36,7 kilometer.

"Saat ini progress penertiban lahan lintas Kedungjati-Tuntang telah mencapai 100 persen, " kata Suprapto, Manajer Hubungan Masyarakat PT KAI Daop IV di Semarang, Sabtu 8 November 2014.

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN

Suprapto mengungkapkan, pada proses penertiban bangunan yang dilakukan pada Kamis 7 November 2014, sebanyak 134 bangunan ditertibkan dengan lancar. Rinciannya, terdiri atas 83 KK di Desa Lodoyong, 9 KK di Desa Pajang, 27 KK di Desa Tambak Boyo, dan 15 KK di Desa Kupang.

Terhadap para penghuni bangunan yang ditertibkan, kata Suprapto, pihak PT KAI telah memberikan uang ganti pembongkaran dalam dua kategori. Untuk bangunan permanen diberikan ganti pembongkaran Rp250 ribu per meter, sedangkan untuk bangunan semipermanen sebesar Rp200 ribu per meter.

"Itu hanya uang ganti pembongkaran, bukan uang ganti rugi. Karena hal itu hanya untuk meminimalisir dampak cost social dari proyek tersebut," beber dia.

Untuk saat ini, tahap pembangunan jalan rel reaktivasi Tuntang-Ambarawa terbagi dalam dua tahap. Pertama, yakni progress pembuatan badan rel, kontruksi jembatan dan kontruksi underpas atau fly over di 18 titik perlintasan. "Tahap 1 ini ditargetkan akhir 2014 akan diselesaikan," kata dia.

Selanjutnya, untuk tahap kedua adalah pembangunan jalan rel yang akan dilaksankan di awal 2015 mendatang. Suprapto berharap, proyek reaktivasi jalur rel KA yang pertama di Indonesia itu bisa mulai dioperasikan pada bulan Mei 2015 mendatang.

Seperti diketahui, pekerjaan reaktivasi jalur KA Kedungjati-Tuntang sepanjang 32 kilometer mulai digagas pemerintah pada 2011 lalu, dengan ditandatanganinya MoU antara Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, PT KAI, dan Pemprov Jateng.

Adapun pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan setidaknya menggelontorkan anggaran sebesar Rp850 miliar untuk menghidupkan kembali jalur KA pertama di Tanah Air tersebut. (ren)

Erick Thohir Klaim Temukan 53 Kasus Korupsi di BUMN
Visualisasi pengembangan organisasi BRI melalui BRIVolution 2.0

Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0

Manfaatkan momentum pandemi sebagai stimulus terjadinya pengembangan organisasi, BRI dorong implementasi BRIVolution 2.0

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021