Hal Penting Bagi Perempuan dalam Atur Keuangan

Ilustrasi cek
Sumber :
  • iStock

VIVAnews - Dengan memiliki kemampuan dan kecakapan dalam hal keuangan, perempuan sekarang sudah bisa semakin mandiri dalam mengatur hidupnya. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Kini, beberapa perempuan tetap berkarir, atau menjalankan bisnis walau sudah menikah. Banyak pula yang memilih untuk melajang lebih lama, demi mencapai berbagai target dan impian profesional mereka.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Karena semakin besarnya kuasa mereka atas keadaan finansial mereka sendiri, perempuan juga perlu mempelajari bagaimana mengatur keuangannya dengan baik. Berikut ini tips keuangan khusus bagi perempuan masa kini:

1. Ingat, kendali di tangan Anda

Jangan bergantung pada orang lain untuk keamanan keuangan Anda sendiri. Pastikan bahwa Anda punya sumber pemasukan yang stabil. Belajarlah bagaimana mengatur keuangan bulanan Anda, dan didiklah diri sendiri tentang cara berinvestasi.

Anda tidak pernah tahu, apa yang akan terjadi. Jika Anda mandiri secara keuangan, Anda akan lebih siap untuk menghadapi masa depan.

2. Bijak atur pengeluaran

Jangan mudah tergoda. Memang, belanja merupakan godaan yang sulit ditaklukkan. Apalagi, mayoritas barang yang ada dalam mal memang ditawarkan untuk perempuan. Godaan bisa muncul, begitu melihat produk kesukaan Anda. Mulai dari sepatu heels, tas kulit, hingga cappuccino di cafe langganan. Ingin rasanya memborong semua, kan?

Namun, Anda harus ingat bahwa tabungan juga sangat penting. Karena itu, buatlah budget khusus untuk "belanja-belanja cantik" Anda. Jika anggaran ini sudah habis, jangan merogoh dompet dan menggunakan kartu debit, atau kredit untuk membayar.

Ketahuilah juga, bagaimana membuat skala prioritas antara barang-barang yang memang perlu, dan hanya sebatas ingin.

3. Investasi diri

Uang yang berhasil dihemat dari "belanja-belanja cantik" bisa digunakan untuk invetasi pada diri Anda. Ambilah kursus yang dapat meingkatkan kemampuan serta keahlian Anda, seperti kursus bahasa, atau komputer.

Anda, bahkan bisa menabung uang untuk mengambil kuliah magister. Banyak sekali universitas yang menawarkan program S2 dengan waktu belajar yang disesuaikan jam kerja orang kantoran.

Daripada belanja yang tidak jelas, Anda bisa menggunakan uang Anda untuk jalan-jalan alias wisata ke suatu tempat yang menarik. Melihat dunia juga suatu cara untuk memperkaya wawasan Anda.

4. Asuransi yang tepat

Beli Rumah Impian Meski Penghasilan Terbatas

Banyak sekali penyakit yang spesifik terjadi pada perempuan dan karena itu, Anda harus memiliki asuransi kesehatan yang memberi perlindungan atas penyakit-penyakit ini.

Mulailah mencari paket asuransi yang memang memberi perlindungan khususnya bagi kebutuhan medis perempuan, termasuk kebutuhan medis saat hamil dan melahirkan. Asuransi kesehatan akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan perawatan kesehatan saat dibutuhkan.

5. Jangan menumpuk utang

Jika tidak mengontrol utang, dampaknya akan negatif pada kesehatan keuangan Anda. Utang juga dapat memicu penyakit psikis maupun fisik. Karena itu, segera bayar tagihan kartu kredit maupun cicilan pinjaman tanpa agunan (KTA) dengan tepat waktu. Ini penting, agar Anda tidak terbebani bunga berbunga.

Selain itu, ketahuilah kapan saatnya mengambil utang. Misalnya, mengambil KTA untuk membiayai usaha Anda lebih bijak dibanding menggunakannya untuk membeli barang-barang konsumtif. (asp)

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016