Hari Ini, Empat Jabatan di Kementerian Keuangan Dilelang

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVAnews - Kementerian Keuangan akan mengumumkan prasyaratan lelang jabatan eselon I, Rabu 12 November 2014. Tidak hanya posisi sebagai Direktur Jenderal Pajak yang akan dilelang, posisi Kepala Badan Kebijakan Fiskal dan dua jabatan staf ahli juga akan dilelang.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menjelaskan, secara struktural pangkat yang akan dilelang untuk Dirjen Pajak dan Kepala BKF, yaitu eselon 1A, sementara itu staf ahli memiliki pangkat 1B.

"Jadi ada empat tempat jabatan," ujarnya, Selasa malam 11 November 2014.

Pendaftaran lelang akan diumumkan oleh Panitia seleksi yang telah dibentuk di website resmi kementerian keuangan yaitu www.kemenkeu.go.id. Persyaratannya antara lain, untuk jabatan BKF dan staf ahli harus pegawai negeri sipil dengan pangkat minimal 4 B.

Diutamakan lulusan S3 untuk jabatan kepala BKF dengan masa kerja di lingkungan instansi pemerintahan minimal 3 tahun. Dan S2 jika ingin mendaftar sebagai staf ahli dengan masa kerja minimal 2 tahun.

"Sementara Dirjen Pajak diutamakan S2 dengan masa kerja minimal 4 tahun," katanya.

Proses seleksi yang akan dilakukan, antara lain seleksi administrasi. Kemudian penyampaian makalah yang akan diuji oleh panitia seleksi. Setelah itu peserta akan mengikuti uji publik dan rekam jejak.

"Lalu wawancara terakhir dengan pansel, mungkin kita ada tambahan wawancara independen. Kita cari yang betul-betul profesional dan mumpuni dan sebagainya. Terakhir wawancara dengan menkeu," ujarnya.

Menurut Mardiasmo, karena dibuka juga untuk eksternal kemenkeu, antusiasme PNS mengikuti lelang sangat besar. Pasalnya jabatan yang dilelang memiliki peranan penting di pemerintahan.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua sekaligus anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024