Kendalikan Konsumsi BBM Subsidi, Pertamina Luncurkan Kartu Sakti

Minyak solar habis di SPBU/Ilustrasi
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya

VIVAnews - Mencegah terjadinya penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di Kalimantan Utara, PT Pertamina meluncurkan Kartu Survey Solar (KSS). Kartu tersebut, diklaim efektif untuk mengontrol pembelian BBM bersubsidi, khususnya solar.

Peluncuran "kartu sakti" milik Pertamina ini dilakukan langsung oleh Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya, di salah satu pompa bensin di Jalan Yos Sudarso, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Minggu 23 November 2014.
 
KKS berfungsi sebagai identitas untuk dapat melakukan pembelian solar di SPBU. Setiap pemegang KSS, hanya mendapat jatah pembelian maksimal sebanyak Rp200 ribu per hari.
 
Bila tidak dapat menunjukkan KSS, pembelian solar bersubsidi di SPBU tidak akan dilayani, alias ditolak. "Selain untuk membatasi pembelian BBM bersubsidi jenis solar, KSS ini juga berfungsi sebagai pengontrol agar kuota BBM bersubsidi tidak disalahgunakan oleh pembeli," ujar Hanung.
 
Untuk mendapatkan kartu ini, warga bisa mengambil di setiap stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), atau agen premium dan minyak solar (APMS) di seluruh wilayah Kota Tarakan secara gratis.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Selain di Kota Tarakan, sejumlah kota lain juga telah menerapkan kartu KSS ini. Di antaranya, Pekanbaru, Batam, Kabupaten Belitung, dan Tanjung Pinang.
 
Rencananya, kartu KSS ini akan ditranformasikan menjadi fuel card yang akan diluncurkan di seluruh wilayah Indonesia.

Laporan: Iqbal Abdullah/asp

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024