IHSG Berpotensi Naik, Cermati Saham-saham Properti

Pria melihat papan indeks saham di tokyo
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVAnews - Laju indeks harga saham gabungan (IHSG) berpotensi kembali melanjutkan penguatannya pada perdagangan Senin, 24 November 2014.

Pengamat Pasar Modal, Stefanus Mulyadi Handoko mengatakan, kemungkinan besar indeks saham akan bergerak positif dengan menutup gap atas di level 5.165-5.180.

Menurut dia, secara teknikal, indeks saham akan bergerak dengan level support (batas bawah) di 5.082 dan level resistance (batas atas) di 5,157.

"Indikator Moving Average Convergence Divergence (rata-rata pergerakan konverjensi perbedaan) yang masih bergerak naik, menunjukkan bahwa IHSG masih akan tetap positif," ujarnya kepada VIVAnews.

Stefanus menjelaskan, kebijakan pemerintah dalam mengalihkan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk menggenjot pembangunan infrastruktur, membuat saham-saham sektor konstruksi, infrastruktur, semen dan properti menjadi menarik dan prospektif, sehingga bergerak menguat.

Sedangkan lanjutnya, saham-saham emiten produsen minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO), terapresiasi naik berkat ekspektasi dari kenaikan harga komoditi CPO ke depan, setelah Australia Berau of Metrology mengatakan bahwa kemungkinan besar akan terjadi El Nino dalam waktu dekat.

"Dan pemangkasan suku bunga di Tiongkok, cenderung memberi sentimen positif sebagai pendongkrak saham-saham pertambangan dan tambang batubara untuk melonjak," tambahnya.

Sebagai informasi, indeks saham berakhir di zona hijau pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu, Jumat 21 November 2014 di level 5.112,05, naik 18,48 poin atau 0,36 persen.

Sepanjang pekan kemarin, pergerakan IHSG diwarnai oleh kenaikan BBM bersubsidi dan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) serta sentimen regional.

Tercatat, IHSG mengalami kenaikan 1,24 persen disertai dengan aliran dana asing yang masuk sebesar Rp82 miliar.

BACA JUGA:

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

Membintangi Drakor Populer The Matchmakers, Inilah Profil dan Fakta Tentang Jung Shin Hye!
[dok. KoinWorks]

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

KoinWorks, menjalin kemitraan strategis dengan PT Indonesia Distribution Hub alias IDH.ID, guna memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan Pay Later

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024