Kepercayaan Bisnis Global Merosot

Konstruksi terbengkalai di Shanghai
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Barria

VIVAnews - Kekhawatiran penurunan zona Euro, prospek naiknya suku bunga di Inggris dan Amerika Serikat, membuat sektor bisnis kehilangan rasa percaya diri. Kepercayaan bisnis telah merosot ke titik terendah selama lima tahun terakhir.

Menurut survei dari 6.100 perusahaan, kalangan bisnis yang mengharapkan pertumbuhan pada tahun depan, jumlahnya lebih kecil dibanding yang memperkirakan penurunan (decline) bisnis. Hanya 28 persen yang percaya tahun depan akan bagus.

Survei yang dilakukan oleh Markit Global Business Outlook ini juga menunjukkan rencana investasi tahun depan berada pada posisi terendah sejak krisis keuangan 2008/2009 lalu.
 
"Mendung menyelimuti prospek ekonomi global, menghadirkan gambar gelap sejak krisis keuangan global," kata Kepala Ekonom di Markit, Chris Williamson, seperti dilansir laman BBC, Senin, 24 November 2014.

Daftar panjang kekhawatiran

Menurut laporan tersebut, banyaknya kekhawatiran terhadap faktor eksternal membuat kepercayaan diri pelaku bisnis menurun.

Kekhawatiran terhadap penurunan baru di zona Euro, prospek suku bunga yang lebih tinggi pada tahun berikutnya di Inggris dan AS, bersamaan dengan risiko geo-politik dari krisis Ukraina dan Timur Tengah, semuanya mengoyak kepercayaan bisnis di seluruh dunia.

"Faktor kunci yang telah menahan pertumbuhan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi kinerja yang mengecewakan bagi ekonomi di pasar utama negara berkembang. Ini tampaknya akan terus berlanjut, dan bahkan mungkin lebih intens, sepanjang tahun depan," Williamson.

Williamson menambahkan, optimisme bisnis di negara-negara BRIC (Brazil, Rusia, India, Tiongkok) telah tenggelam ke level terendah sejak krisis keuangan. Sekadar informasi, BRIC merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Paling optimis

Perusahaan Inggris yang paling optimis tahun depan dari semua negara-negara besar yang disurvei pada bulan Oktober itu. Perusahaan Inggris juga yang paling optimis menyusun rencana untuk gerakkan ekonomi makro.

"(Optimisme) itu menunjukkan, Inggris akan terus mengungguli pesaing-pesaingnya pada tahun 2015, meskipun pertumbuhannya agak melambat dibanding tahun 2014," kata Williamson.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi AS sepertinya akan cenderung melambat pada bulan-bulan mendatang setelah memuncak pada musim panas.

Respons Keluarga Via Vallen Soal Penggerudukan dan Dugaan Penggelapan Motor

Baca juga:

Cek hipertensi atau darah tinggi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis yang umum di mana tekanan darah dalam arteri meningkat. Untuk mengurangi masalah ini, salah satunya makanan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024