Potensi Pemanfaatan Air untuk Listrik Masih Besar

PLTA Lamajan
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Dikecam Gegara Olok-olok Salat dan Zakat, Ini Penjelasan Pendeta Gilbert
- Potensi pengembangan energi listrik dari sumber daya air di Indonesia masih besar. Dari sebesar 75 ribu megawatt (MW) potensi listrik nasional, baru sekitar 7,5 ribu MW yang dimanfaatkan atau sekitar 10 persen.

Cerita Chicco Jerikho yang Berjuang Hidup dan Mati Sampai Titip Pesan Untuk Anak dan Istrinya

Menteri Pekerjaan Umum era Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, Djoko Kirmanto, mengungkapkan, peningkatan pemanfaatan potensi kelistrikan tersebut sebenarnya sudah bisa digunakan secara efektif saat ini. Dengan cara, memaksimalkan fungsi waduk-waduk yang ada sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).
5 Negara yang Bakal Jadi Medan Perang Jika Perang Dunia III Pecah, Indonesia Gimana?


"Karena untuk penghematan, membangun infrastruktur kelistrikan kan tidak mudah dan sebentar," ujarnya, di Jakarta, Senin 24 November 2014.


Kata Djoko, sumbangan PLTA terhadap total kapasitas listrik terpasang masih cukup kecil. Menurut kalkulasi dia, saat ini, kapasitas listrik yang terpasang di seluruh Indonesia baru sekitar 50 ribu MW. Sebesar 25 persennya merupakan kontribusi dari PLTA.


Karena itu, potensi investasi yang ada di sektor kelistrikan masih besar. "Banyak yang tertarik (investasi), tapi memang banyak aturan yang harus diperbaiki," tegasnya.


Masalah birokrasi yang berbelit, menurut dia, merupakan pekerjaan terberat pemerintah yang harus diselesaikan. "Saya juga senang waduk dan bendungan yang ada dipakai untuk
generate
listrik," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya