Penyebab Harga Cabai Meroket

Ilustrasi/Seorang petani memetik cabai.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rudi Mulya

VIVAnews - Menteri Perdagangan, Rahmat Gobel, memiliki cara tersendiri untuk mengendalikan harga cabai yang terus merangkak naik, usai kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi.

Rahmat akan menciptakan teknologi pertanian, khususnya untuk tanaman cabai yang harganya cenderung melonjak dari tahun ke tahun. Untuk mewujudkan teknologi itu, Rahmat mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk menciptakan teknologi mulai dari saat menanam sampai pascapanen," kata Rahmat saat memberikan sambutan pada Rakernas ke-25 IWAPI di Sanur, Denpasar, Bali, Senin, 24 November 2014.

Menurut dia, teknologi itu diciptakan untuk menjaga ketersediaan stok dan harga cabai agar tak terus meningkat. Penyebab mahalnya harga cabai disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah petani yang sudah tak mau lagi menanam cabai. Hal itu bermula sejak beberapa tahun lalu.

Kala itu, petani mulai meninggalkan menanam cabai. "Penyebabnya selain karena harganya di pasaran murah, juga karena anomali cuaca yang merusak cabai. Petani merugi, akhirnya meninggalkan menanam cabai," papar Rahmat.

Anomali cuaca berakibat pada menurunnya produksi cabai nasional selama beberapa tahun belakangan. Pada saat sama, kebutuhan akan cabai tetap stabil, bahkan melonjak.

Kebutuhan yang tak seimbang dengan produksi ini yang menjadikan harga cabai melambung tinggi, sekalipun dalam masa panen. Ia optimistis jika teknologi tersebut dapat segera diterapkan, roduksi cabai akan tetap stabil sesuai kebutuhan masyarakat.

Belakangan ini, harga cabai memang tengah meroket tajam. Saat ini, harga cabai keriting di pasaran rata-rata di atas Rp65 ribu per kilogram. Bahkan, di beberapa daerah harga cabai melonjak hingga di atas Rp75 ribu per kilogram. (art)

Berita lain:

Dilarikan ke Rumah Sakit, Parto Patrio Jalani Operasi



Penyanyi Vidi Aldiano dan Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna, dalam acara bertajuk ‘Kenal Lebih Dekat Shopee Garansi Tepat Waktu bersama Vidi Aldiano', di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu, 24 April 2024.

Shopee Berani Garansi Paket Sampai Tepat Waktu, Simak Kompensasi dan Cara Klaimnya

Program 'Garansi Tepat Waktu' ini bertujuan untuk memberikan jaminan waktu pengiriman pesanan bagi pengguna yang membeli barang di Shopee.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024