Faisal Basri Janji Bongkar Mafia Minyak

Faisal Basri Berkunjung Ke VIVAnews
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Ketua Komite Reformasi Tata Kelola Migas Faisal Basri, mengatakan bahwa praktik pencurian minyak tidak diberantas, karena tidak ada niat.

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

Untuk itu, dia menjanjikan akan membongkar praktik yang merugikan negara ini. "Memangnya kutu, tidak bisa dilihat," katanya, saat ditemui di Jakarta, Senin malam, 24 November 2014.

Ia juga menjanjikan, akan mengungkap pencurian minyak dengan dugaan keterlibatan aparat TNI dan Polri yang nakal. Bahkan, dia berjanji akan membongkar praktik pencurian minyak yang lebih parah lagi.

Faisal meminta masyarakat, agar melaporkan dugaan pencurian minyak dengan mengadu ke Clearing House, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. "Letaknya di dekat lobi Kementerian ESDM," ujar

Seperti diketahui, praktik pencurian minyak yang marak terjadi di Sumatera Selatan, telah merugikan PT Pertamina EP. Para pencuri mengambil minyak dengan modus melubangi pipa, atau illegal tapping.

Praktik yang sudah bertahun-tahun itu, hingga kini belum berhasil diungkap. Diduga, pencurian melibatkan sindikat dengan pemodal besar dan didukung aparat nakal.

Pertamina EP sudah melakukan upaya penanganan dengan menanam pipa minyak di tanah lebih dalam lagi. Namun, "illegal tapping" masih terjadi.

Hasil pencurian minyak mentah tersebut, sebagian dijual dan lainnya dijadikan BBM dengan alat penyulingan sederhana.

Baca berita lain:

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat



Viral! Bawa Kabur Motor Kurir yang Sedang Antar Paket, Pelaku Babak Belur Dihajar Warga

(asp)

Dokter sekaligus influencer, Qin Huilan tampil di ajang Paris Fashion Week.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Di usia yang tak muda lagi, Qin Huilan baru saja memulai debut di runway Paris Fashion Week. Qin Huilan berjalan di peragaan busana Miu Miu Fall/Winter 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024