2015, BPJS Ketenagakerjaan Bangun Perumahan Pekerja

Pemerintah Targetkan FLPP 127.000 Unit Pada 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan akan membangun perumahan bagi para pekerja pada 2015 mendatang. Langkah tersebut, sebagai upaya mereka untuk memberikan kesejahteraan dasar bagi para pekerja di Indonesia.

"Mulai tahun depan, kita akan siapkan berbagai tempat untuk bisa menjadi hunian pekerja. Khususnya, di kantong-kantong industri di seluruh Indonesia," kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Elvyn G. Masassya, di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu 26 November 2014.

Elvyn menjelaskan, mekanisme yang ditempuh oleh institusinya adalah membangun rumah susun sewa (rusunawa) dan rumah susun hak milik (rusunami) di kantong-kantong pekerja. Kemudian, bisa juga dengan membangun landed house, bekerja sama dengan pihak ketiga.

"BPJS Ketenagakerjaan memberikan bantuan uang muka perumahannya dengan bunga yang sangat rendah, lalu memberikan akses perbankan untuk memberikan kredit bagi tenaga kerja itu, juga dengan bunga yang lebih murah," ujarnya.

Elvyn mengatakan, mereka akan bekerja sama dengan para pengembang dan menyelaraskan program-program dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dia mencatat, sejauh ini sudah cukup banyak perumahan-perumahan yang mereka bangun bekerja sama dengan pengembang.

"Tentu, di 2015, sinkronisasi ini akan lebih baik, setelah nanti Pak Wapres Jusuf Kalla akan memanggil semua kementerian terkait," katanya.

Elvyn akan memfokuskan pembangunan perumahan pekerja ini di kantong-kantong pekerja seperti di Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatera.

"Jadi, kantong-kantong pekerja lebih dahulu, agar para pekerja itu juga bisa lebih baik produktivitasnya, karena tempat tinggal mereka akan dekat dengan pabrikan. Intinya itu," katanya.

Jumlah anggaran

Untuk program tersebut, Elvyn mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan sudah menyiapkan uang muka perumahannya sebesar Rp200 miliar. Sedangkan biaya untuk pembangunannya, nanti diambil dari anggaran program.

"Tidak disebutkan berapa, tetapi ada alokasi yang bisa kita pakai untuk pembangunan perumahan tersebut," jelasnya.

Elvyn melanjutkan, persyaratan pembangunan perumahan minimal berjumlah 500 unit pada satu lokasi. Sejauh ini, sudah ada di Batam, kemudian sedang dalam proses pembangunan di Palembang, Karawang, Jawa Timur, dan di Serang, Banten.

"Jadi, alokasi anggarannya Rp200 miliar, nanti tergantung para pekerja yang mau ambil rumah di mana, kita gunakan," ujarnya.

Dia menambahkan, jumlah pekerja sekarang yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 16,2 juta. Dari 16,2 juta itu, ada yang dinilai eligible (memenuhi syarat) mendapatkan program tersebut.

"Yang eligible itu adalah yang penghasilannya maksimal Rp4,5 juta. Yang di atas itu, tidak boleh. Yang boleh, hanya yang di bawah Rp4,5 juta per bulan. Uang muka satu orang bisa sampi Rp50 juta," ujarnya.

Arahan Wapres

Elvyn juga menyampaikan arahan Wakil Presiden JK terkait rencana program meningkatkan kesejahteraan para pekerja tersebut. Dalam pertemuan dengan JK hari ini, dia melaporkan tentang kesiapan BPJS Ketenagakerjaan untuk beroperasi penuh di 2015.

"Lalu Pak Wapres memberikan arahan, bagaimana agar BPJS Ketenagakerjaan juga bisa membantu pekerja dalam pemenuhan aspek perumahan dan transportasi," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, JK juga akan membantu untuk menyegerakan persiapan aspek regulasi dalam operasi penuh BPJS Ketenagakerjaan tahun depan. Termasuk, dalam hal ini, adalah program-program jaminan sosial dan program pensiun bagi pekerja swasta.

"Nanti, akan ada satu forum koordinasi yang akan dipimpin oleh Pak Wapres terkait dengan hal ini," tuturnya.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Baca juga:





(asp)

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024