BBM Naik, Menkeu Seriusi Konversi Bahan Bakar Gas

Peluncuran SPBG Pertamina Envogas
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mendukung peralihan bahan bakar yang digunakan angkutan umum dari bahan bakar minyak ke bahan bakar gas (BBG).

Memang rencana ini belum dianggarkan pada tahun 2015. Namun Bambang akan mendukung secara penuh peralihan bahan bakar tersebut.

"Pokoknya kalau kita dapat support, bahwa gas ini akan menjadi alternatif energi yang serius," kata Bambang di Hotel Aryaduta Hyaat, Jakarta, Rabu 26 November 2014.

Bambang juga menyarankan agar memastikan dulu semua angkutan umum menggunakan BBG. "Kalau untuk angkutan umum memang harus kita berikan
konverter kit-nya gratis, dan itu yang bisa disediakan oleh budget," terangnya.

Untuk penyelenggaraannya pengalihan BBG, Bambang menyerahkan siapa saja yang tertarik menyelenggarakan proyek ini, kepada Perusahaan Gas Negara (PGN) atau pun pihak swata.

"Untuk penyediaan gasnya sendiri jika sudah di-mandatory, tinggal disiapkan saja SPBG atau SPBG mobile seperti yang direncanakan Pemda DKI," ujarnya.

Rencananya harga BBG tersebut diperkirakan Rp4.500 per liter setara dengan premium (LSP).

Diketahui, dengan konversi ke BBG, maka akan mengurangi pemakaian sekaligus impor BBM, sehingga menurunkan subsidi komoditas tersebut. Di samping itu, BBG juga lebih ramah lingkungan dibandingkan BBM.

Keputusan Menteri ESDM No 2932K/12/MEM/2010 yang ditandatangani Darwin Saleh pada 15 Desember 2010 menetapkan harga BBG untuk transportasi sebesar Rp3.100 per LSP.

Sesuai keputusan itu, harga BBG sebenarnya dapat disesuaikan setiap tahun. Selain harga, pada tahap awal pemerintah juga bisa membagikan konverter kit BBG secara gratis pada angkutan umum.
Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Fadhis Abi/Jakarta
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024