Ini Tanda-tandanya Anda Butuh Kartu Kredit

Ilustrasi Transaksi Kartu Kredit
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Siapa yang belum mengenal dengan kartu kredit? Sebagian besar mungkin berpendapat bahwa kartu kredit bisa sangat berguna untuk kehidupannya.

Ya, Anda bisa mendapatkan berbagai diskon dan promo ketika membayar dengan kartu kredit tertentu.

Selain itu, Anda bisa mengumpulkan poin berhadiah, atau reward points, setiap kali bertransaksi. Poin berhadiah ini kemudian bisa ditukarkan untuk mendapatkan barang gratis, seperti televisi layar datar, ataupun tiket pesawat.

Memang, sebagai alat bayar, kartu kredit memiliki berbagai kelebihan dibandingkan uang tunai atau kartu debit.

Namun, bagaimana Anda dapat mengetahui, jika Anda memang memerlukannya?.

Penasaran, seperti apakah tanda-tandanya bahwa Anda membutuhkan atau tidak yang namanya kartu kredit? Simak tips berikut ini:

1. Bertanggung jawab atas belanja bulanan

Jika Anda yang membeli kebutuhan bulanan keluarga dan jumlah yang Anda keluarkan tidak sedikit, kartu kredit bisa berguna untuk Anda. Setidaknya, Anda bisa mengumpulkan poin berhadiah setiap kali menggunakan kartu kredit untuk membayar belanjaan.

Biasanya, bank memiliki "toko hadiah" di mana Anda bisa menukarkan poin yang terkumpul dengan benda idaman, termasuk smartphone. Selain itu, ada bank yang bekerja sama dengan supermarket atau hypermarket untuk memberi poin lebih.

2. Anda mengisi lumayan banyak bensin tiap pekan

Jika Anda mengeluarkan lumayan banyak uang untuk mengisi bensin ke dalam mobil, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk mempunyai kartu kredit. Lagi-lagi, menggunakan kartu kredit untuk membayar bensin akan menghasilkan poin berhadiah.

Hal lainnya adalah bank, terkadang bekerja sama dengan pom bensin untuk memberi poin lebih bagi yang membayar menggunakan kartu kredit.

3. Anda ingin nge-gym

Gym besar biasanya mengharuskan Anda untuk membayar keanggotaan bulanan dengan menggunakan kartu kredit. Jadi, bagi Anda yang mau lebih langsing dan memiliki perut six-pack berkat berolahraga, kartu kredit bisa membantu Anda.

4. Anda suka berbelanja online

Memang, situs belanja di Indonesia membolehkan Anda membayar menggunakan kartu debit atau cash-on-delivery (COD). Namun, jika Anda ingin berbelanja di situs luar negeri, Anda harus membayar menggunakan kartu kredit.

5. Anda suka traveling

Kartu kredit sangat berguna saat Anda sedang bepergian, apalagi ke luar negeri. Kelebihan lainnya, antara lain kartu kredit bisa digunakan untuk membeli tiket pesawat, membayar hotel, dan pastinya berbelanja.

Ini, karena kartu kredit dapat diterima di seluruh dunia dan tentunya, kartu debit tidak bisa melakukan ini. Selain itu, kartu kredit berguna saat ada kebutuhan mendadak atau kebutuhan darurat di luar negeri.

6. Anda berencana ingin mengambil KPR (Kredit Pemilikan Rumah)

Dengan memiliki kartu kredit, Anda akan membangun sejarah kredit. Sebagai informasi, sejarah kredit adalah rekam jejak kemampuan Anda membayar tagihan kartu kredit secara tepat setiap bulannya.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Memiliki sejarah kartu kredit yang sehat akan memuluskan jalan Anda untuk mengambil bentuk kredit yang lebih besar, termasuk KTA dan KPR. (art)

BACA JUGA:

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Beli Rumah Impian Meski Penghasilan Terbatas
Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016