Pengusaha Gagal Melakukan Tujuh Hal Ini

Gaya hidup menjadi faktor Anda bangkrut.
Sumber :
  • iStock
VIVAnews
Kenang Jenderal Wismoyo, Prabowo: Ajaran Beliau Bawa Saya Sampai Mendapat Mandat Rakyat
- Entah kita mau membicarakan pertandingan sepakbola, pemilihan umum, atau kewirausahaan. Yang pasti, akan ada pemenang dan pecundang. Kesalahan-kesalahan, yang terkadang sepele, acapkali membuat usaha Anda layu sebelum berkembang.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Bila tak ingin kejadian itu menimpa Anda, perhatikan tips dari Jonathan Long, Founder dan CEO Market Domination, yang ia terbitkan di laman
Galaxy AI Hadir dalam Bahasa Indonesia, Cukup 3 Langkah
Entrepreneur . Pengusaha, jangan sampai melakukan tujuh hal ini!

1. Cemburu

Tak hanya pada kisah cinta, cemburu pun harus dihindari saat berwirausaha. Tak perlu jengkel, saat melihat kesuksesan pesaing Anda. Sebaliknya, Anda harus termotivasi. Harus Anda pahami, setiap orang memiliki kemampuan untuk sukses. Jangan buang-buang waktu dengan fokus pada keberhasilan atau prestasi orang lain. Itu bakal menghambat kemajuan Anda sendiri.


2. Melihat ke belakang


Harus bisa
move on
, istilah keren sekarang. Jangan biarkan kesulitan, bahkan kegagalan masa lalu menghentikan kemajuan bisnis Anda. Buat strategi untuk bermanuver pada kemajuan bisnis, tanpa melihat ke belakang.


3. Membuat alasan


Jika Anda membuat keputusan yang buruk dan kacau, hadapilah. Jika sesuatu tidak berjalan seperti yang direncanakan, jangan mencari-cari alasan. Jika Anda bisa mengidentifikasi masalah, Anda tidak akan membuat kesalahan yang sama lagi. Jika Anda terus-menerus membuat alasan atas kesalahan, Anda akan terus berkutat pada masalah tersebut.


4. Berhenti belajar


Usia Anda, pengalaman bertahun-tahun, atau tingkat keberhasilan tidak boleh mencegah Anda dari belajar. Tidak ada orang di planet ini yang tahu segalanya. Kita semua dapat terus belajar dan terinspirasi dari pengusaha lain, entah yang gagal, atau yang sukses. Belajarlah dari mereka.


5. Hindari orang perpandangan negatif


Orang-orang yang terus-menerus membuat alasan, mengeluh, dan memiliki pandangan negatif, harus dihindari. Kita semua tahu, orang-orang seperti ini. Tidak peduli apa pun situasi, atau yang Anda katakan, mereka selalu berpandangan negatif. Orang-orang seperti ini adalah "kanker" dan aura negatif yang dapat menular pada Anda.


6. Bangun tidur tanpa rencana


Manajemen waktu adalah bagian penting dari menjadi seorang
entrepreneur
. Waktu, memang terlihat banyak dalam satu hari. Anda harus tahu, apa tujuan dan tugas-tugas Anda sebelum memulai hari. Jika Anda membuat rencana serampangan tiap hari, Anda akan berada dalam kesulitan. Akhiri hari Anda dengan memetakan hari berikutnya: buat
to-do list
.


7. Takut perubahan dan enggan beradaptasi


Anda harus mau dan mampu menyesuaikan semua rencana dan strategi. Bayangkan, jika Apple tidak pernah beradaptasi dan hanya terjebak untuk membuat komputer? Setelah merilis iPod, ia mulai membuat
smartphone
,
tablet
dan sekarang merilis teknologi Apple Watch.


Nah, menurut Anda apa lagi yang harus dihindari pengusaha agar tak gagal? Silakan tambahkan komentar Anda di bawah.


Baca juga:









(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya