APROBI: Total Produksi Biofuel Capai 4 Juta KL

Ilustrasi Biofuel
Sumber :
  • instablogsimages.com

VIVAnews - Total produksi biofuel (bahan bakar nabati) Indonesia secara keseluruhan ditargetkan mencapai empat juta kiloliter (KL) di akhir tahun 2014.

Ketua Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi), Paulus Tjakrawan menyampaikan, produksi domestik biofuel Indonesia hingga Oktober 2014 mencapai 1,59 juta KL, sementara untuk ekpornya mencapai 1,3 juta KL.

"Asumsinya, kemungkinan, baik produksi domestik maupun ekspor, masing-masing bisa mencapai sebesar 2 juta KL. Sehingga, diharapkan sampai akhir tahun nanti, dapat mencapai total produksi sebesar 4 juta KL," tuturnya kepada VIVAnews di saat gelaran '10th Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) and 2015 Price Outlook' di Bandung, Kamis 27 November 2014.

Target 2015

Sementara itu, terkait kapasitas produksi biofuel Indonesia pada tahun mendatang, dia memperkirakan dapat menyentuh angka 8,8 juuta KL.

Saat ini katanya, kapasitas produksi mencapai sekitar 5,6 juta KL, sehingga diproyeksikan akan ada penambahan sebesar 3,2 juta KL sampai akhir tahun 2015.

Paulus mengungkapkan, optimistis target tersebut dapat tercapai. Hal ini setidaknya, ada satu perusahaan yang akan menambah sebanyak satu juta KL.

Namun sayangnya, dia belum menyebutkan secara detail nama perusahaan tersebut, karena baru jalan di akhir tahun. Demikian halnya dengan perusahaan-perusahaan lain yang juga akan menambah kapasitas produksinya.

"Kalau dikatakan apakah yakin atau tidak yakin, perusahaan itu bisa jalan, istilahnya kalau kita punya uang yang penting investasikan dulu. Jangan sampai nanti malah ketinggalan kereta," ungkapnya.

Kalaupun di dalam negeri, misalnya tidak terserap, dia menyatakan bahwa langkah lainnya bisa melakukan ekspor, sehingga tidak ada masalah.

BACA JUGA:

Intip Persiapan Telkomsel 'Mengukur Jalan' Jelang Lebaran

Gedung Mahkamah Konstitusi

Sidang PHPU, KPU Tepis Sirekap Jadi Bagian Kecurangan Pemilu

Sirekap menjadi alat bantu untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penyelenggara pemilu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024