Suntik Modal, Ahok Ingin Bank DKI Setara Bank Nasional

Ahok Siap Pimpin Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, berkeinginan untuk menaikkan status Bank DKI agar setara dengan perbankan tingkat nasional. Untuk mewujudkannya, Pemprov bakal mengucurkan dana Rp30 triliun.

Uang tersebut nantinya digunakan sebagai suntikan dana untuk meningkatkan modal inti Bank DKI. Saat ini, Bank DKI masih berstatus BUKU (Bank Umum Kegiatan Usaha) 3. Dengan dana tersebut, nantinya status akan meningkat jadi BUKU 4, sehingga setara dengan bank tingkat nasional seperti PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, dan lainnya.

"Saat ini, Bank DKI masih BUKU 3, kami sudah setor untuk dinaikin. Suntikannya baru Rp3 triliun," tutur Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, saat ditemui di Balaikota, Jumat, 28 November 2014.

Imigrasi Bali Tahan Paspor Hyoyeon Girls Generation, Bomi Apink hingga I.O.I Im Nayoung

Sebagai informasi, BI telah mengklasifikasi kelompok kegiatan usaha bank menurut modal intinya. Modal inti mulai dari Rp100 miliar sampai di bawah Rp1 triliun (BUKU 1), Rp1 triliun sampai di bawah Rp5 triliun (BUKU 2), dan Rp5 triliun hingga di bawah Rp30 triliun (BUKU 3). Sementara itu, bank dengan modal inti Rp30 triliun atau lebih masuk dalam BUKU 4.

Untuk tahap pertama ini, Pemprov DKI bakal memberikan suntikan dana Rp3 triliun. Menurut Ahok, Bank DKI mesti setor Rp30 triliun untuk meningkatkan status ke BUKU 4. Ditargetkan, hingga 2017, sudah bisa menyuntikkan dana hingga Rp30 triliun ke Bank DKI.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

"Jadi, bank itu, ada istilahnya BUKU. Kalau BPD itu, syaratnya setor Rp1 triliun. Kalau mau BUKU 3, setornya Rp3 triliun, Kalau mau BUKU 4, setara dengan bank komersial, mesti setor kira-kira Rp30 triliun," ujar Ahok, sapaan Basuki.

Gubernur DKI menargetkan, pada 2017 Bank DKI sudah kategori BUKU 4. "Emang harus ngajuin lagi, kami harus ngajuin lagi Raperda-nya (Rancangan Peraturan Daerah) tahun depan, supaya setor modalnya bisa lebih gede, 2017 kami anggap sudah bisa," ujarnya. (art)

Fikri Halim

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

Baca juga:

PNM hadir di APEC SMEWG

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

PNM hadir pada forum Asia-Pacific Economic Cooperation Small Medium Enterprises Working Group (APEC SMEWG).

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024