Terapkan Bioteknologi, Kualitas Kelapa Sawit Meningkat

Taman Nasional Tesso Nilo dirambah jadi kebun kelapa sawit
Sumber :
  • Antara/ Iskandar

VIVAnews - Ketua Umum Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (Maksi), Darmono Taniwiryono, Jumat 28 November 2014, mengatakan bahwa dalam meningkatkan produktivitasnya, pelaku industri kelapa sawit perlu beralih ke penerapan bioteknologi.

Menurut dia, misalnya melalui proses manipulasi biologi untuk memperbaiki kualitas tanah.

"Dengan kualitas tanah yang baik, tingkat kesuburan akan meningkat dan pada akhirnya, produksi pun berlipat," tuturnya dalam gelaran '10th Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) and 2015 Price Outlook' di Bandung.

Darmono menjelaskan, alasan lainnya dalam menerapkan bioteknologi, atau penggunaan proses biologi untuk meningkatkan kualitas kelapa sawit, yang pertama adalah mengurangi penggunaan bahan kimia sebesar 37 persen.

Alasan kedua, meningkatkan hasil panen hingga 22 persen, dan ketiga dapat menambah keuntungan, atau profit para petani sampai 68 persen.

Kemudian keempat, hasil panen dan profit yang dihasilkan lebih tahan terhadap serangan serangga. Sedangkan yang kelima adalah hasil panen dan profit yang dihasilkan, lebih besar di negara berkembang dibandingkan negara maju.

"Ini, berdasarkan hasil peneliti dari Jerman yang sudah berlangsung, melalui penelitiannya untuk jagung maupun kedelai," ungkap peneliti senior Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia, Bogor, itu.

Water management


Pada kesempatan yang sama, Peneliti dari Institut Pertanian Bogor, Budi Indra Setiawan, menerangkan produktivitas kelapa sawit juga dapat ditingkatkan melalui water management.

"Pengaturan pengairan tersebut, harus ditingkatkan keefektivannya, agar dapat mendukung pertumbuhan industri sawit," terangnya.

Yang tidak kalah penting, Budi menyampaikan bahwa water management dilakukan sekaligus untuk mempertahankan kelestarian lingkungan.

Adapun water management ini semakin penting, apalagi pada perkebunan di lahan gambut.

"Water management yang efektif, menjadi salah satu cara untuk mengurangi tingkat emisi, khususnya di lahan gambut," tambah Budi.

BACA JUGA:

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

(asp)

Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024