Hipmi Pilih Ketua Baru

Kandidat Caketum HIPMI
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) pada masa mendatang harus menjadi lokomotif pembangunan. Selain itu, Hipmi sebagai wadah para wirausahawan harus bisa merangsang anak muda Indonesia untuk terjun menjadi pengusaha.

Hal itu disampaikan Bahlil Lahadalia saat menyampaikan visi dan misinya sebagai calon ketua umum BPP Hipmi 2015-2017. Kompetisi merebut kursi ketua umum Hipmi diperebutkan empat kandidat. Selain Bahlil, tiga kandidat lainnya adalah Bayu Priawan Djokosoetono, Priamanaya Djan, dan Andhika Anindyaguna.

"Hipmi harus memainkan perannya. Hipmi lahir untuk mengisi cita-cita kemerdekaan sesuai mukadimah, yang salah satunya mengisi pembangunan untuk kesejahteraan rakyat," kata Bahlil di Jakarta, Senin, 8 Desember 2014.

Oleh karena itu, kata Bahlil, Hipmi harus memperkuat fungsi dan perannya sebagai organisasi kader berorientasi entrepreneur dan berwawasan kebangsaan.

Saat ini, lanjutnya, ketimpangan dan ketidakadilan begitu terasa di Indonesia terutama dirasakan oleh wirausahawan-wirausahawan di daerah. Menurut dia, hal itu bisa terjadi karena pembangunan tidak merata yang disebabkan kekuatan ekonomi nasional hanya bertumpu pada posisi dan wilayah tertentu di Indonesia

"Selama ini ketidakadilan begitu dirasakan oleh teman-teman pengusaha di daerah. Saya tahu dan merasakannya karena saya beranjak dari daerah. Hipmi harus membangun posisi tawar dengan pemerintah supaya pengusaha-pengusaha lokal dapat terlibat membangun Indonesia," imbuhnya.

Selama ini, kata Bahlil, pengusaha-pengusaha di daerah kerap dalam posisi yang tidak diuntungkan. Ia mencontohkan, banyak pengusaha asing dibiarkan berinvestasi di Indonesia, tapi tidak memberikan keuntungan dan manfaat bagi daerah itu.

"Pemerintahan Jokowi harus kita dorong membangun infrastruktur energi di daerah-daerah yang memiliki sumber daya alam. Harus ada aturan khusus boleh lakukan eksploitasi, tapi pabriknya harus ada di daerah setempat," kata dia.

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

"Harus ada regulasi yang berpihak pada pengusaha lokal. Selama tidak ada posisi tawar kita akan selalu dalam posisi yang lemah," ujarnya.

Di samping itu, Bahlil mengatakan, Indonesia tengah menghadapi tantangan yaitu masih sedikitnya jumlah pengusaha di Indonesia. Berbeda dengan negara-negara lain seperti Malaysia dan Singapura. Secara kuantitas, kata Bahlil, jumlah pengusaha di Indonesia hanya sekitar 1,2 persen dari seluruh jumlah rakyat Indonesia.

"Pemerintah memutuskan moratorium penerimaan PNS. Kalau benar terjadi moratorium PNS, maka seluruh perguruan tinggi akan melahirkan pengangguran-pengangguran baru. Oleh karena itu, Hipmi harus mengubah pola pikir mahasiswa agar jangan hanya menjadi karyawan, tapi jadi pengusaha," tuturnya.

Bahlil mengatakan, Hipmi bisa mendorong lahirnya pengusaha-pengusaha baru, sehingga jumlahnya bisa mencapai dua persen dari jumlah penduduk Indonesia. "Jangan takut menjadi pengusaha. Selama punya mimpi, kualitas dan modal bekerja keras pasti bisa," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Hipmi harus memberikan rangsangan kepada pengusaha-pengusaha pemula. Tidak hanya itu, lanjut Bahlil, Hipmi memperkuat basis kaderisasi, memberikan masukan kepada pemangku kepentingan dan melakukan penguatan jaringan kerja.

Dengan demikian, kata Bahlil, Hipmi harus mendorong pemerintah agar melahirkan aturan yang bisa merangsang lahir dan tumbuhnya pengusaha-pengusaha baru di Indonesia. Hipmi, lanjut Bahlil, bisa mendorong pemerintah untuk membantu pengusaha-pengusaha baru dalam hal perizinan, treatment, dan modal usaha.

"Pemimpin Hipmi ke depan harus bisa memberikan dan menjadi inspirasi, membangun gagasan besar dan mengeksekusi. Kemudian, memotivasi teman-teman daerah untuk menjadi pengusaha," tuturnya.

"Saya pun merasakan sendiri bagaimana kaderisasi Hipmi yang saya jalani selama 10 tahun telah membuka jalan pengembangan diri saya sebagai pengusaha muda. Saya belajar bisnis sejak SD. Jualan kue. Saya juga pernah jadi sopir angkot," tuturnya. (art)

Kata Pelatih Australia Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia
 Guru Besar Ilmu Politik Universitas Nasional (Unas) Yuddy Chrisnandi

Yuddy: Sikap Prabowo Tunjukkan Kepekaan atas Kondisi Geopolitik

Menpan RB periode 2014-2016 itu pun menilai, bahwa ada arahan dari Prabowo Subianto yang meminta agar para pendukungnya membatalkan aksi turun ke jalan di depan gedung MK

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024