Mengintip Surga Batu Akik di Sukabumi

Batu akik.
Sumber :
  • Foto: Mohamad Akasah

VIVAnews - Batu akik kian hari kian diminati banyak kalangan. Tak hanya kaum tua saja, kaum muda pun kini acapkali membicarakan batu akik di setiap kesempatan bercengkrama. Seperti yang terlihat di
'daratan' Sukabumi, tepatnya di sentra penjualan batu akik, di Gg. Tokhiat, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Meski terkesan kaki lima, deretan penjual batu akik di sana rupanya tergolong menjual lengkap beragam jenis batu dengan mulai harga puluhan ribu hingga jutaan. Pantas jika kemudian banyak
penggila batu akik menganggap tempat ini sebagai surga bagi mereka.

Selidik punya selidik, lokasi penjualan batu akik yang berada tepat di seberang Supermall, Jalan Ahmad Yani, Kota Sukabumi ini sudah ada sejak tahun 1970.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

"Tetapi sekarang penjualnya semakin menjamur, karena memang batu akik tengah jadi trend di masyarakat," ujar Wawan Ridwan, salah seorang penjual batu akik di Gg.Tokhiat, Selasa 9 Desember 2014.

Ia juga mengaku, jika dompetnya semakin menebal setelah batu akik kian meroket. Kondisi ini dikatakannya terjadi sejak satu tahun belakangan.

"Saya jual batu akik di sini sudah lima tahun. Tetapi, satu tahun ini yang paling terasa. Batu akik laris manis kayak kacang goreng," ungkapnya sumringah.

Soal batu favorit, rupanya batu asal Ternate, Bacan, tengah dilirik banyak orang, termasuk warga Sukabumi. Meski harganya tembus jutaan rupiah, selalu saja ada yang mencari batu yang dipercaya
hidup itu.

Saking populernya batu tersebut, meski ada noda hitam serta kapur yang menempel, tetap saja batu jenis ini laku di pasaran.

"Di sini juga banyak yang jual batu yang murah dan terjangkau, harganya mulai Rp50 ribuan," utaranya.

Sementara itu, salah seorang konsumen, H. Husein, warga Cicurug, Sukabumi, mengaku sengaja datang ke Gg. Tokhiat lantaran ternama sejak dulu. Ia bahkan mengaku pernah keluar negeri dan mencari batu akik, namun ternyata batu di negara yang ditujunya banyak yang berasal dari Sukabumi.

Saat ditemui, H. Husein nampak membeli batu jenis Sapphire. Ia terlihat mengeluarkan lima lembar uang Rp100 ribuan untuk menebus batu tersebut.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Laporan: Mohamad Akasah/tvOne/Sukabumi

Baca juga:

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil
Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024