Sektor Tambang Tetap Positif, Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah

Sumber :
  • REUTERS/Daniel Becerril/Files

VIVAnews - Sektor komoditas pertambangan mineral masih memiliki proyeksi yang positif di 2015 mendatang, meski batu bara sedang mengalami penurunan. Untuk itu, dibutuhkan kebijakan pemerintah yang dapat mendukung pertumbuhan tambang ke depannya.

Presiden Direktur PT Bumi Resources Minerals Tbk (berkode saham BRMS), Suseno Kramadibrata, menyampaikan kepada VIVAnews, Kamis 11 Desember 2014, ada beberapa kebijakan penting yang diharapkan dapat dilakukan oleh pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan sektor pertambangan mineral di Tanah Air.

Adapun kebijakan yang dimaksudkan, dia mengungkapkan, antara lain pengurangan jumlah surat-surat perizinan di daerah. "Pengurangan tersebut, sebaiknya harus diperbaiki dan diefesiensikan," ujarnya.

Selain itu, katanya, tidak adanya dobel pajak (seolah-olah). "Kita sudah dikenakan pajak di sini, tetapi di daerah kena lagi pajak yang serupa. Seperti, PBB (pajak bumi dan bangunan)," tuturnya.

Suseno menambahkan, yang tidak kalah pentingnya adalah harus adanya transparansi antara pihak pusat dan daerah. Tujuannya, agar daerah juga mendapatkan porsi yang sesuai.

Hutama Karya Catat Kontrak Baru Senilai Rp 4,05 Triliun pada Kuartal I-2024


BACA JUGA:

BNN Pelajari Teknologi Investigasi Narkotika Milik DEA di AS 

(asp)

Pengakuan Pelatih Bali United Usai Dilibas Persib Bandung
Pemain Bayer Leverkusen, Robert Andrich rayakan gol.

Pekan Terakhir Bundesliga: Bayer Leverkusen Tak Terkalahkan, Bayern Munich Tumbang

Bayer Leverkusen menutup Bundesliga musim 2023/24 dengan catatan rekor tak terkalahkan. Sang juara menaklukkan Augsburg 2-1 dalam laga pekan terakhir di BayArena, Sabtu.

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2024