Enam Cara Berburu Tiket Pesawat Murah

liburan pasangan
Sumber :
  • istock

VIVAnews - Libur akhir tahun hampir tiba. Banyak yang bilang, hampir 60 persen anggaran perjalanan liburan digunakan untuk membeli tiket perjalanan. Nah, bagaimana caranya agar Anda bisa mendapatkan tiket yang murah?

Persentase tentang anggaran di atas bisa jadi benar. Hal tersebut, karena jadi atau tidaknya Anda pergi liburan atau melakukan perjalanan, tergantung dari apakah Anda dapat tiket pesawat atau tidak.

Dengan adanya alasan tersebut, tentunya Anda ingin mendapatkan tiket pesawat murah bukan? Apalagi, libur akhir tahun untuk perayaan Natal dan Tahun Baru sudah menanti di depan mata.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk berburu tiket murah.

Dokumen sudah siap

Ingat! Tiket murah selalu jadi rebutan. Bahkan, tidak jarang ketika promo tiket murah suatu maskapai penerbangan dibuka, banyak orang yang langsung berburu. Pada akhirnya, baru saja dibuka promo, dalam beberapa jam tiket sudah ludes terjual.

Di sinilah kecepatan Anda dibutuhkan. Ketika memesan tiket, khususnya secara online, ada beberapa dokumen yang dibutuhkan.

Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah

Dokumen ini sama seperti saat membeli tiket pada umumnya, yaitu kartu kredit sebagai alat pembayaran, kartu identitas, atau paspor bila Anda ingin pergi ke luar negeri.

Jangan sampai saat Anda ikut berburu tiket, dokumen-dokumen yang Anda butuhkan malah belum siap dan Anda harus mencarinya lagi. Sebab, bila Anda sudah mempersiapkan dokumen ini di awal, maka hal itupun akan memudahkan dan mempercepat Anda saat melakukan perburuan tiket.

Tepat waktu

Bila ingin membeli tiket pesawat murah, belilah jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, atau maksimal 3 bulan sebelum keberangkatan. Ya, pendapat ini memang benar. Sebab, dengan cara ini Anda bisa membeli tiket dengan harga 10-30 persen lebih murah. Bahkan, bila beruntung Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga 50 persen lebih murah.

Jadi, faktor kapan Anda ingin berangkat dan pulang juga berpengaruh untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah.

Tepat tujuan

Terkait dengan poin di atas, apakah strategi itu artinya tidak bisa dilakukan untuk tujuan libur akhir tahun yang hanya beberapa minggu lagi? Jawabannya, belum tentu. Mengapa?

Sebab Anda bisa juga membeli tiket mendekati hari liburan. Namun, tiket yang akan Anda beli ini tergantung dari daerah yang akan didatangi.

Bila rute yang ingin Anda beli adalah rute yang paling banyak dilayani oleh maskapai penerbangan, maka Anda harus pintar-pintar membaca harga. Karena untuk rute ini biasanya harganya akan fluktuatif.

Jadi, bila menemukan sebuah maskapai yang kira-kira menurut Anda sudah menawarkan harga murah, maka langsung beli tiket itu saat itu juga. Namun, bila rute yang dipilih adalah rute yang sedikit dilayani oleh maskapai, maka itulah saatnya Anda harus menggunakan strategi sebelumnya.

Tepat memilih maskapai

Apakah maskapai murah adalah maskapai yang selalu harus Anda pilih? Belum tentu. Karena bila kebutuhan Anda mendesak atau cepat, terkadang maskapai lain yang dianggap tidak murah akan lebih menguntungkan.

Kuncinya adalah dengan menghitung dan membandingkan beberapa biaya yang ada pada tiket. Misalnya, harga bagasi, asuransi, dan lainnya. Dengan cara ini biasanya Anda akan mengetahui berapa selisih harga yang bisa Anda dapatkan.

Daftar langganan

Agar selalu tahu kapan sebuah tiket murah dijual atau dikeluarkan oleh sebuah maskapai, cobalah untuk rajin mengecek promo sebuah maskapai penerbangan.

Daftar langganan newsletter atau keanggotaan dari maskapai penerbangan, atau mengikuti akun media sosial yang dimiliki maskapai tersebut. Dengan begitu, Anda akan memperoleh informasi cepat kapan tiket murah akan diluncurkan.

Pilih kartu kredit yang tepat

Saat ini, banyak promo tiket pesawat murah yang menyertai kartu kredit tertentu. Maksudnya, pembayaran harus dilakukan menggunakan kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai penerbangan tersebut. Mulai dari cashback, diskon, hingga cicilan tanpa bunga akan ditawarkan.

Di sinilah perlunya Anda memiliki kartu kredit yang tepat yang bisa selalu digunakan untuk membeli tiket pesawat murah. Biasanya, kartu kredit yang Anda butuhkan di sini adalah kartu kredit cobrand yang bekerja sama dengan sebuah maskapai.

Keuntungan lainnya, baik melalui newsletter atau melalui lembar tagihan yang Anda dapatkan, Anda juga akan sering menerima pemberitahuan tentang promo yang dikeluarkan oleh suatu maskapai penerbangan yang bekerja sama dengan kartu kredit yang Anda gunakan. (ms)

Ilustrasi pendidikan

Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini

Ada diskon bila Anda rajin mencari informasi.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016