Tiga Tips Agar Liburan Akhir Tahun Anda Lebih Untung

Ilustrasi liburan.
Sumber :
  • istock

VIVAnews - Saat high-season, biasanya harga-harga paket untuk liburan di akhir tahun akan menjadi lebih mahal. Namun, dibalik itu ada berbagai keuntungan yang bisa Anda gunakan.

Sudah menjadi rahasia umum bila saat akhir tahun harga hotel, tiket pesawat, dan tarif tempat wisata relatif menjadi lebih mahal. Mau tidak mau, Anda pun harus membandingkan berbagai harga paket liburan yang sesuai dengan bujet yang dimiliki.

Ternyata, ada cara bagaimana Anda dapat memetik keuntungan dari momen high-season ini. Selain bisa lebih hemat, dengan beberapa cara ini pun Anda dapat melakukan liburan tanpa rasa khawatir. Apa saja cara itu?

Berburu promo

Karena merupakan sebuah kesempatan untuk menarik pengguna dan pengunjung, tidak sedikit dari jasa penyedia perjalanan, maskapai penerbangan, hotel, dan produk-produk finansial membuat promosi menarik. Bahkan, promo tersebut bisa memberikan Anda lebih banyak keuntungan.

Cara pertama yang bisa Anda gunakan di sini, cobalah untuk berburu promo. Sebab, di setiap musim liburan tiba, biasanya beberapa tiket pesawat, penginapan, hotel, hingga tempat wisata akan mengeluarkan paket promo khusus liburan.

Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah

Saat ini, juga banyak situs web yang bisa Anda kunjungi untuk membandingkan promo-promo tersebut. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat memberikan lebih banyak keuntungan.

Manfaatkan kartu kredit

Saat ini, banyak promo tiket pesawat, hotel, atau pun tempat wisata tertentu, akan di ikuti oleh promosi kartu kredit tertentu. Maksudnya Anda akan mendapatkan diskon khusus, cashback, atau berbagai keuntungan lain bila pembayarannya dilakukan dengan kartu kredit tersebut.

Untuk keperluan tiket pesawat, Anda juga bisa menggunakan fasilitas mileage atau frequent-flyer program (FFP). Fasilitas ini cukup efektif bila digunakan jika bepergian ke luar negeri.

Sistem poin dalam FFP akan diberikan kepada Anda sesuai berdasar jauh penerbangan, poin pembelanjaan, atau segmen pembelanjaan tertentu. Jadi, jika poin mileage yang Anda kumpulkan sudah memenuhi kualifikasi, poin tersebut bisa Anda tukarkan dengan suatu produk, atau bahkan sebuah tiket penerbangan gratis.

Ingat! Tujuan Anda membeli paket liburan akhir tahun yang sedang diskon dengan menggunakan kartu kredit adalah untuk mendapatkan keuntungan poin atau potongan harga khusus. Jadi, bukan artinya Anda menggunakannya tanpa perhitungan dan perencanaan.

Menggunakan kartu kredit dalam proses pembayaran pada liburan yang akan Anda lakukan, bukanlah bertujuan untuk berutang dan malah merusak perencanaan finansial Anda. Karena itu, usahakan Anda membayar tagihan di bulan berikutnya secara penuh, dengan uang yang sudah Anda kumpulkan dan rencanakan sebelumnya untuk liburan.

Berikan perlindungan perjalanan

Perjalanan liburan jadi rusak karena tiba-tiba bagasi Anda hilang, keterlambatan pesawat, dokumen perjalanan hilang, hingga misalnya Anda harus menjalani perawatan di rumah sakit. Bukan menakuti, tapi risiko itu bisa saja terjadi.

Sayangnya, hingga kini masih banyak orang yang engan untuk mendaftar asuransi perjalanan dalam liburan yang dilakukannya. Alasannya, dibanding membayar premi, lebih baik uangnya untuk tambahan beli oleh-oleh. Padahal, dengan memiliki asuransi perjalanan untuk liburan yang Anda lakukan, maka segala risiko yang bisa terjadi dapat dilindungi dan mendapatkan pertanggungan. Jadi, lebih menguntungkan, bukan?

Kebocoran Uang yang Sering Tak Disadari Pemilik Rumah

Baca juga:

Orang Berkeluarga Punya Karir Lebih Baik
Ilustrasi pendidikan

Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini

Ada diskon bila Anda rajin mencari informasi.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016