Alfamart Tingkatkan Kepemilikan Saham di Alfamidi

Alfamart (Ilustrasi)
Sumber :
  • Dokumentasi PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk

VIVAnews - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, perusahaan pemilik jaringan Alfamart, mengeluarkan saham baru sebanyak 864.705.900 lembar dan diserahkan kepada perusahaan ritel asal Jepang, Lawson Inc.

Sebaliknya, Lawson Asia Pasific Holdings Pte. Ltd. (LAP) melepas kepemilikan sebesar 30 persen di PT Midi Utama Indonesia Tbk, pemilik jaringan Alfamidi kemudian diambil alih oleh Sumber Alfaria.

Corporate Secretary Sumber Alfaria Trijaya, Tomin Widian, mengatakan pihaknya telah melakukan aksi korporasi, berupa penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (non HMETD) pada 5 Desember 2014, yang mendapat persetujuan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 22 Oktober 2014. Saham baru yang dikeluarkan sebanyak 864.705.900 saham, dengan nilai nominal Rp10 per saham.

Seluruh saham baru yang dikeluarkan tersebut, diserahkan kepada Lawson dengan harga pelaksanaan Rp600 per saham, atau sebesar Rp518,82 miliar.

Aksi korporasi ini dilakukan berdasarkan share subscription agreement (SSA) pada 9 September 2014, yang disepakati oleh Lawson, LAP, dan Sumber Alfaria.

"Berdasarkan SSA tersebut, perseroan menerima dana dari Lawson dalam jumlah seluruhnya sebesar Rp518,82 miliar yang disebut dana yang disetorkan," ujar Tomin, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Senin 15 Desember 2014.

Selanjutnya, SSA juga menyepakati bahwa Sumber Alfaria mengambil alih saham LAP atas Midi Utama Indonesia sebanyak 864.705.900 saham, dengan harga pembelian Rp600 per saham.

Sebelumnya, LAP memiliki 30 persen saham Midi Utama Indonesia, dan setelah transaksi seluruhnya diambilalih oleh Sumber Alfaria. Sehingga, dana yang disetorkan Lawson kepada Sumber Alfaria atas penambahan modal non-HMETD seluruhnya digunakan untuk mengambilalih saham LAP atas Midi Utama Indonesia.

Dengan selesainya transaksi ini, kepemilikan Sumber Alfaria atas Midi Utama Indonesia meningkat menjadi 86,72 persen, dari sebelumnya 56,72 persen.


Baca juga:



Polisi Tetapkan TikToker Galih Loss Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama

(asp)

Waketum Nasdem, Ahmad Ali di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali menyambangi Presiden terpilih hasil Pilpres 2024 Prabowo Subianto di kediamannya di Jalan Kertanegara IV Jakarta Selatan, Selasa

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024