AirAsia X Datangkan 55 Pesawat Airbus Sekaligus pada 2018

Pesawat Airbus A350
Sumber :
  • Wikipedia Common

VIVAnews - AirAsia X memesan 55 unit pesawat A330neo dari Airbus. Ini mengindikasikan sebagai pesanan solo tertinggi untuk seri A330 hingga saat ini. Pengiriman pesawat-pesawat tersebut akan dimulai pada 2018.

Selain itu, afiliasi penerbangan jarak jauh dari maskapai berbiaya rendah terbesar di Asia tersebut ditetapkan menjadi pelanggan terbesar A330 secara global. Ada pun total pesanan sebanyak 91 unit.

Pengumuman AirAsia X ini mencakup pula penetapan Nota Kesepahaman (MOU) untuk 50 unit A330neo yang ditandatangani dalam acara Farnborough Air Show bulan Juli 2014 lalu, serta lima unit pesawat tambahan.

Co-Founder dan Direktur AirAsia X, Tan Sri Tony Fernandes mengatakan bahwa kesepakatan terbaru bersama Airbus ini akan membantu perusahaannya mengkonsolidasi tingkat pertumbuhan pada 2015-2017, sebelum meningkatnya penerimaan pesanan mulai dari tahun 2018 dan seterusnya.

"Seri A330 telah membuktikan diri sebagai tipe pesawat yang tepat bagi model bisnis kami, yaitu mengkombinasikan biaya operasional rendah, kapabilitas terbang jarak jauh dan kenyamanan tingkat tinggi. Kami sangat antusias menyambut tingkat efisiensi yang bahkan akan lebih tinggi lagi dengan datangnya seri A330neo. Ini akan memainkan peran kunci untuk mendukung AirAsia X tetap menjadi pemimpin pasar rute jarak jauh berbiaya rendah," ujar Tony dalam keterangan tertulisnya yang diterima VIVAnews, Selasa 16 Desember 2014.

Pada kesempatan yang sama, Chief Operating Officer, Customers, Airbus, John Leahy menyampaikan, pesanan dari AirAsia X ini merupakan dukungan besar bagi A330neo sebagai pesawat paling hemat biaya di kelasnya.

"Dengan keberadaan A330neo dalam armadanya, AirAsia X akan diuntungkan oleh biaya operasional yang jauh lebih rendah sementara maskapai ini mengembangkan sayapnya dan membuka akses bagi lebih banyak orang untuk terbang. Kami antusias menyambut AirAsia X sebagai salah satu operator perdana dari versi terbaru seri A330 yang terkenal dengan kesuksesannya ini," tambahnya. (ren)

BACA JUGA:

Italia Desak Israel untuk Menahan Diri Setelah Serangan Iran, Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Berapa Lama Rata-rata Umur Hidup Orang Indonesia? Ternyata Sampai Angka Ini

Ramalan

Ramalan Jayabaya Sebut Bakal Datang Zaman Kolosubo di 2025, Ini Maksdunya

Prabu Jayabaya, Raja Kediri, terkenal karena serangkaian ramalannya yang luas yang dikenal sebagai Ramalan Jayabaya. Ramalan ini tercatat dalam beberapa naskah dirinya

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024