Pabrik Gula Glenmore Mangkrak, DPR Minta Dilanjutkan

Ilustrasi/Tanaman tebu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVAnews - Bangunan bakal pabrik Gula Glenmore di Banyuwangi, Jawa Timur, mangkrak. Kondisi ini membuat cita-cita menjadikan Indonesia untuk mencapai swasembada gula, hanya angan-angan belaka.

Hal itu, ditegaskan anggota komisi IV DPR RI, Ma’mur Hasanuddin, melalui keterangan tertulis yang dia kirim, Kamis 18 Desember 2014.

Presdir P&G: Konsumen Adalah Bos

Ma’mur menjelaskan bahwa pabrik ini direncanakan memiliki kapasitas produksi delapan ribu ton per hari. Dengan kapasitas tersebut, apabila masa giling 150 hari per tahun, diperlukan tebu sebanyak 900 ribu ton hingga 1,2 juta ton, atau sebanding dengan luas tanam seluas sembilan ribu hingga 10 ribu hektare.

“Pembangunan pabrik baru ini, selain besarnya kapasitas, juga akan meningkatkan efisiensi dibandingkan dengan pabrik-pabrik tua lain yang usianya sangat tua, karena dibangun sejak zaman penjajahan Belanda," ujar politisi Fraksi PKS itu.

Pabrik gula Glenmore, kata Ma'mur, merupakan proyek spetakuler sejak Dahlan Iskan menjabat Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara. Dukungan terhadap kebijakan pangan saat itu, banyak yang sinergi dengan kementerian teknis.

Cuma terkadang, masih kata Ma'mur, terhambat oleh kebijakan Kementerian Perdagangan yang kontraproduktif dengan cita-cita  pencapaian swasembada pangan.

Pabrik gula Glenmore yang pembangunannya dimulai pada Desember 2012, ditargetkan selesai pada Juni 2015. Untuk membangun pabrik gula ini, membutuhkan dana Rp1,5 hingga Rp1,9 triliun.

“Saya meminta, Menteri BUMN sekarang (Rini Soemarno), dapat meneruskan cita-cita menteri BUMN lama, karena sejalan dengan program utama Presiden Joko Widodo mencapai swasembada gula semasa kepemimpinannya," pinta Ma’mur.

Sah! Putri Isnari Resmi Menikah dengan Abdul Azis


Baca juga:

(asp)

Heboh Ibu di Maros Aniaya Bayinya Sambil Direkam, Diduga Kesal karena Suami Pergi
Fang Cheng Bao Super 9 / Bao 9

BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik

Raksasa otomotif asal China, BYD melalui merek premiumnya Fang Cheng Bao, meluncurkan tiga kendaraan listrik baru pada Konferensi Musim Semi Fang Cheng Bao. Dua di antara

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024