Jokowi Tambah Jumlah Pembangunan Waduk Jadi 49

proyek waduk Lolak di Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara
Sumber :
  • Antara/ Fiqman Sunandar

VIVAnews - Presiden Indonesia, Joko Widodo akan menambah jumlah pembangunan waduk, dari 30 menjadi 49 waduk sepanjang lima tahun ke depan.

Keputusan menaikkan target jumlah waduk itu, diucapkan Presiden saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Murenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 18 Desember 2014.

Dalam kesempatan itu, Presiden menyampaikan rasa senangnya, karena dari kunjungan kerjanya ke sejumlah daerah, ia memperoleh dukungan dari gubernur, bupati, dan wali kota untuk mencapai swasembada pangan, melalui pembangunan waduk dan saluran irigasi.

Ia menyebutkan, semula pemerintah berencana membangun sebanyak 30 waduk dalam lima tahun ke depan. Tetapi, setelah muter ke sejumlah daerah, ada tambahan permintaan 19 waduk lagi. Untuk itu, pada lima tahun mendatang, pemerintah akan membangun sebanyak 49 waduk.

“Tahun depan kita mulai 13 waduk, rencana semula 11 tapi sudah ada 13 di lapangan yang siap kita masukkan untuk dibangun,” ungkap Presiden, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Adapun masalah irigasi, Presiden mengemukakan, pemerintah menargetkan akan membangun satu juta hektare saluran irigasi meskipun ada permintaan sampai hampir dua juta, namun belum masuk dalam APBN-P 2015.


Baca juga:

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

(asp)

Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia

KPU Jamin Netralitas Pemilu, Sudah Diawasi Presiden dan DPR

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menjamin netralitas sebagai penyelenggara dalam memverifikasi partai politik sebagai peserta pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024