PM Shinzo Abe Suntik Pemerintah Daerah US$30 Miliar

Poster PM Jepang Shinzo Abe, yang juga pemimpin Partai Demokratik Liberal.
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVAnews - Jepang berencana menyuntik dana sebesar US$30 miliar, atau 3,4-3,5 triliun yen sebagai paket stimulus untuk menghidupkan kembali daerah-daerah negara tersebut. Namun, negeri Matahari Terbit itu juga tetap akan membahas mengenai rencana penerbitan obligasi baru.

Seperti diberitakan Reuters, Kamis 18 Desember 2014, Perdana Menteri Shinzo Abe menyampaikan bahwa pemberian bantuan ini bertujuan untuk mengangkat pertumbuhan, sekaligus memperbaiki perekonomian di Tokyo yang sedang mengalami resesi.

Ini, menjadi tugas cukup berat baginya untuk mengakhiri 15 tahun deflasi Jepang, setelah kembali terpilih dalam pemilu pekan lalu, Minggu 14 Desember 2014.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Dia sudah berjanji untuk mendorong perekonomian melalui kebijakannya yang terkenal dengan nama 'Abenomics', reformasi dalam struktural dan fiskal.

Sebelumnya, Abe sudah memberikan perintah kepada para menterinya untuk melakukan lay out paket stimulus pada November kemarin. Diharapkan, semuanya dapat selesai pada 27 Desember mendatang, sebagai bagian dari upaya untuk menarik ekonomi keluar dari resesi akibat dari kenaikan pajak penjualan di bulan April lalu.

"Uang sebanyak itu akan dipakai untuk subsidi produk-produk barang-barang kebutuhan dan bahan bakar, supaya harganya tidak terlalu memberatkan konsumen," ujarnya.

Abe menegaskan, anggarannya sendiri berasal dari pendapatan tambahan negara dan dana yang tersisa dari APBN tahun lalu, bukan datang dari penjualan surat utang.



Baca juga:

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

(asp)

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?
Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI kembali mendapat pertanyaan mengenai masa depan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sampai sekarang belum ada kejelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024