Pengurangan Subsidi BBM Tingkatkan Produksi Ikan?

Nelayan tak melaut
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Saiful Bahri

VIVAnews - Pemerintah menyatakan bahwa pengurangan subsidi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi adalah langkah tepat untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan Indonesia.

Menurut Wakil Presiden, Jusuf Kalla, jika subsidi solar dinaikkan, akan membuat nelayan menjadi malas untuk melaut. Sebab, nantinya solar subsidi untuk nelayan bisa diperjualbelikan oknum tertentu ke industri dengan harga yang lebih tinggi. Dampaknya, hasil tangkapan ikan menjadi berkurang.

"Nelayan lebih memilih jual solar daripada jual ikan. Sebab, keuntungannya lebih besar," kata dia dalam pidato pembukaannya Musrenbangnas di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 18 Desember 2014.

Baginya, saat ini, nelayan Indonesia sudah dapat dengan leluasa menangkap ikan tanpa terganggu kapal-kapal penangkap ikan asing.

"Dengan begitu, seharusnya para nelayan Indonesia akan semakin menggerakkan kapalnya untuk meningkatkan penjualan ikan," kata JK.

Yulianisa Sulistyoningrum/Jakarta

Terpopuler: Netizen Serang Wasit Nasrullo Kabirov, Ivar Jenner Sebut Qatar Badut

(asp)

Polusi Udara Jakarta

Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia

Kualitas udara di DKI Jakarta menjadi yang terburuk kelima di dunia pada hari kedua pasca-liburan Idul Fitri, Rabu pagi.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024