Dirut Baru Telkom Alex Sinaga, Mimpi Wujudkan Masyarakat Digital

Direktur Utama Telkom, Alex J Sinaga (kanan) bersama Menkominfo Rudiantara.
Sumber :
  • Telkomsel

VIVAnews - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (berkode saham TLKM) telah resmi menunjuk Alex Janangkih Sinaga sebagai nakhoda baru perusahaan tersebut periode 2014-2019 pada Jumat, 19 Desember 2014.

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

Alex sekaligus menerima tongkat estafet dari pemimpin lama, yakni Arief Yahya yang kini menjabat menteri pariwisata dalam Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo.

Perusahaan telekomunikasi terbesar di Tanah Air tersebut sepertinya memang tidak salah menetapkan pria kelahiran Pematang Siantar, 27 September 1961 itu sebagai direktur utama yang baru. Ini, karena Alex bukanlah "orang asing" bagi Telkom berkat posisi sebelumnya sebagai presiden direktur Telkomsel.

Pendidikan

Alex merupakan lulusan teknik elektro telekomunikasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1986. Dia juga berhasil mendapatkan gelar Master in Telematics, University of Surrey, Guidford-United Kingdom pada 1994.

Berkat kepintarannya, dia pun sering menjadi pembicara dalam seminar-seminar, seperti yang berkaitan dengan Infocomm Business dan Engineering. Selain itu, mengikuti pelatihan dan seminar di bidang yang sama di dalam maupun luar negeri.

Perjalanan karier

Pria Batak ini menjadi presiden direktur PT Multimedia Nusantara, anggota Telkom Grup pada 2007. Selama bekerja dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, dia sempat memegang beberapa kedudukan strategis dalam periode 2000-2007.

Jabatan-jabatan itu antara lain General Manager Telkom Jakarta Barat, Senior Manager Kinerja untuk Divisi Regional 2, Kepala Divisi Fixed Wireless Jaringan dan Kepala Divisi Enterprise Service.

Indonesia Jadi Penghasil Sugar Daddy Terbanyak ke-2 di Asia Tenggara

Selain itu, dia menjadi komisaris PT Sigma Cipta Caraka sejak 2008 dan juga menjabat sebagai komisaris utama.

Tidak hanya itu, salah satu pengurus Badan Pengelola Sopo Marpingkir HKBP tersebut, sejak 2007 menjabat sebagai wakil presiden Toba Lake Golf Club.

Kini, harapan besar atas majunya kinerja Telkom berada di pundaknya. Alex pun sudah harus bersiap diri untuk melebarkan sayap bisnis barunya di perseroan ini.

"Kami akan fokuskan pada program utama. Menjadikan bangsa Indonesia sebagai masyarakat digital, sehingga punya daya saing tinggi, serta terus berekspansi dalam menggarap market. Bukan hanya domestik, namun juga pasar global," ungkap bos baru Telkom itu. (art)

BI Bolsters Rupiah Stability with Interest Rate Hike to 6.25 Percent

Baca juga:

Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024