Begini Rekayasa Lalu Lintas Yogyakarta Selama Libur Akhir Tahun

Pantai Parangtritis di Daerah Istimewa Yogyakarta
Sumber :

VIVAnews - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis dan Pantai Depok selama libur Natal dan Tahun Baru 2015 mencapai 500 ribu pengunjung dengan pendapatan mencapai Rp1 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Bambang Legowo mengatakan, libur tahun baru kali ini sangat diuntungkan, karena jatuh pada hari Kamis, sehingga waktu libur bertambah panjang sampai hari Minggu tanggal 4 Januari 2015.

"Ada hari libur kejepit justru menguntungkan bagi kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis dan Pantai Depok," katanya kepada VIVAnews, Sabtu 20 Desember 2014.

Untuk kunjungan malam Tahun Baru, kata Bambang, sangat dipengaruhi dengan kondisi cuaca karena bersamaan dengan musim penghujan.

"Selama di wilayah utara tidak hujan dan di wilayah Pantai Parangtritis atau Depok, tidak akan berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan," katanya.

Khusus wisatawan yang akan merayakan pergantian tahun dan hingga siang harinya, diperkirakan jumlah wisatawan yang datang mencapai 100 ribu orang.

"Target pendapatan dari retribusi sebesar Rp9,5 miliar dan saat ini sudah mencapai Rp8,8 miliar maka target pendapatan akan tercapai bahkan lebih," terangnya.

Sementara itu Kapolres Bantul, AKBP Surawan mengatakan untuk melancarkan arus lalu-lintas maka sepanjang jalan Parangtritis yang terdapat traffic light, nantinya tidak akan difungsikan untuk menghindari penumpukan kendaraan.

"Saat lebaran, kita memberlakukan hal itu dan efektif mengatasi kemacetan," katanya.

Begitu pula saat jalan dari tempat pemungutan retribusi (TPR) Pantai Parangtritis akan dibuat satu jalur untuk masuk obyek wisata. Sedangkan arus balik, akan dialihkan melalu Pantai Depok.

"Pemberlakuan kebijakan itu mempertimbangkan kepadatan kendaraan yang menuju Pantai Parangtritis atau Depok," terangnya.

Kapolres mengatakan selama libur Natal dan Tahun Baru ini setidak didirikan satu pos pelayanan dan tiga pos pengamanan. Pos pelayanan akan didirikan di Pasar Seni Gabusan. Sementara pos pengamanan ada di Pantai Parangtritis tepat didekat patung Panglima Sudirman, Gereja Ganjuran dan satu pos pengamanan di Ring Road Selatan, tepatnya di Ngestiharjo.

"Setiap titik-titik kerawanan kemacetan atupun kecelakaan kita tempatkan petugas kepolisian baik dari Polsek yang punya wilayah dan juga dari Polres Bantul," ujarnya.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia
Konferensi pers

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Dalam kesempatan itu, Mutia juga bercerita bahwa putrinya dengan Glenn, Gewa saat ini memiliki hubungan yang akrab dengan Marthino Lio.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024