Pangsa Perbankan Syariah Naik Jadi 20%

VIVAnews - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menargetkan pangsa pasar perbankan syariah menjadi 20 persen dalam periode lima tahun ke depan.

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Padahal tahun lalu, menurut laporan Bank Indonesia, pangsa pasar perbankan syariah hanya 2,3 persen dari total dana pihak ketiga sebanyak Rp 1.200 triliun. Tahun lalu, Bank Indonesia menargetkan 5 persen pangsa pasar.

"Bank syariah kita masih kalah dengan negara-negara mayoritas muslim lainnya, sehingga harus ditingkatkan dengan sosialisasi," kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Organisasi dan Keanggotaan Adi Putra Taher usai jumpa pers Seminar Ekonomi Syariah di Menara Kadin Jakarta, Selasa, 12 Mei 2009.

Selain itu, sarana perbankan syariah masih belum memadai, mengingat 95 persen penduduk beragama Islam.

Negara mayoritas muslim lainnya telah mencapai pangsa pasar yang jauh dibandingkan Indonesia, seperti Saudi Arabia (60 persen), Malaysia (13 persen), dan Bangladesh (10 persen). "Karena mereka sudah lebih lama dan lebih intens mengelola keuangan syariah," kata Ketua Komite Tetap Keuangan Syariah Kadin Abbas Adhar.

Sosialisasi menurut Adi menjadi kunci keberhasilan perbankan syariah, terutama ke dunia usaha. "Kalau bisa dunia usaha lebih diperkenalkan kepada keuangan syariah karena mereka yang dominan menguasai dana di bank," katanya. Dari informasi yang diperoleh, sebanyak 98 persen dana pihak ketiga yang masuk ke perbankan hanya dikuasai 2 persen penduduk Indonesia.

Menurut Adi, target sebesar 20 persen tersebut akan dimasukkan dalam roadmap lima tahunan Kadin Indonesia 2009-2014. "Oktober tahun ini, roadmap Kadin akan diserahkan ke presiden baru untuk menjadi bahan masukan," katanya.

Hingga saat ini di Indonesia terdapat 62 perusahaan asuransi, 5 bank syariah, 24 unit syariah, dan 4 ribu BMT. "Akan diumumkan beberapa bank syariah baru, seperti BCA dan OCBC NISP," ujarnya.

Sebagai upaya sosialisasi, Kadin akan menyelenggarakan Seminar Ekonomi Syariah dengan tema Daya Dukung Keuangan dan Perbankan Syariah dalam Kebangkitan Sektor Riil dan Ekonomi Bangsa pada hari Selasa, 19 Mei 2009, di Mutiara Ballroom, Hotel Gran Melia, Jakarta. 

Rencananya dalam seminar tersebut akan menghadirkan Menteri Keuangan/Plt. Menko Bidang Perekonomian Sri Mulyani, Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil, Ketua Umum Kadin MS Hidayat, dan narasumber di bidang keuangan lain.

Ilistrasi moisturizer

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Moisturizer telah lama menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit. Moisturizer atau pelembap telah terbukti dapat meningkatkan kadar air di stratum korneum.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024