Faisal Basri Yakin Pertamina Mampu Produksi BBM Kadar RON 92

Petugas Melakukan Pengisian BBM.
Sumber :
  • Antara/Fanny Octavianus

VIVAnews - Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Mingas, Faisal Basri berpendapat, ada kesimpangsiuran di masyarakat selama ini bahwa Pertamina tidak mampu memroduksi Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan kadar RON tinggi atau pertamax RON 92.

Di Jakarta, Sabtu, 27 Desember 2014, ia menjelaskan bahwa persepsi tersebut salah. Sebab, dari hasil koordinasinya dengan Pertamina, dinyatakan bahwa kilang mampu memproduksi RON tinggi.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

"(Pertamina) sudah bisa menghasilkan Ron 92, tapi kadar aromatiknya sangat tinggi, untuk itu dikurangi dan ditambahkan kandungan MTBE," ujarnya.

Ia mengatakan, paling cepat dua bulan ke depan Pertamina sudah bisa  memproduksi RON 92 sebanyak lima juta barel per bulan dari sebelumnya, hanya 197 ribu barel.

"Kami punya rekomendasi (penghapusan premium), Pertamina siap paling cepat dua bulan. Sekarang ini Ada semacam misleading di masyarakat bahwa Pertamina tidak bisa produksi RON 92," ungkapnya.

Meski demikian, diia rinya mengakui, produksi tersebut masih belum cukup untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi pertamax jika premium dihapus. Sisanya menurutnya masih bisa ditutupi dari impor.

"Intinya, kita jangan disandera oleh keyakinan bahwa Pertamina tidak mampu. Kalau soal impor, bagaimaana pun skenarionya sudah impor," ungkapnya.

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

Ia menegaskan rekomendasi yang dikeluarkan telah mempertimbangkan semua aspek. Termasuk melakukan konsultasi dengan seluruh pemangku kepentingan.

Baca juga:


Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024