Petral Tak Dibubarkan, Tapi "Dilumpuhkan"

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVAnews - Tim Reformasi Tata Kelola Migas menegaskan keberadaan anak usaha PT Pertamina (Persero), Pertamina Energy Trading Ltd., (Petral) dipertahankan alias tak dibubarkan. Namun fungsi Petral `dilumpuhkan.`

Selasa, 30 Desember, anggota Tim Reformasi Tata Kelola Migas, Agung Wicaksono, mengatakan selama ini fungsi Petral sebagai agen pengadaan minyak mentah dan BBM untuk kebutuhan dalam negeri. Padahal, fungsinya sebagai trading company. Fungsi pengadaan minyak mentah dan BBM untuk kebutuhan dalam negeri, akan diambil alih oleh Integrated Supply Chain (ISC) Pertamina.

"Sekarang aktivitas pembelian itu dilakukan ISC. Kalau tak bisa melakukan apa pun, dengan kata lain, mereka dilumpuhkan atau dibubarkan sementara," kata Agung di Jakarta.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Dengan begitu, harapan tim, lanjut dia, Petral lekas berbenah dan menyusun road map jangka panjang. Mereka ingin fungsi Petral kembali menjadi trading company di sektor perdagangan minyak. "Mereka harus memunyai strategi ke depan menjadi perusahaan trading minyak yang mendunia," kata dia.

Meskipun demikian, Agung mengatakan bahwa tim tak punya kewenangan untuk memberikan jangka waktu Petral menyusun road map bisnisnya. Sebab, yang berwenang melakukannya adalah induk perusahaannya, Pertamina.

"Kami tidak sedetail itu. (Tapi) kami melihat manajemen baru Petral seberapa mampu mereka melakukan tugas yang diberikan tersebut. Juga menarik dilihat bagaimana Pertamina menyiapkan anak usahanya," katanya.

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024