4 Keuntungan Kartu Kredit yang Mungkin Belum Anda Gunakan

Ilustrasi kartu kredit
Sumber :
  • iStock
VIVAnews
Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini
- Karena tidak tahu dengan berbagai kelebihannya, saat ini Anda mungkin hanya menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran biasa.

Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah

Padahal selain memudahkan transaksi pembayaran tanpa uang tunai, kartu kredit pun menawarkan berbagai keuntungan lain. Agar tidak lagi meninggalkan keuntungan yang ditawarkan, berikut beberapa keuntungan yang wajib Anda ketahui?
Kebocoran Uang yang Sering Tak Disadari Pemilik Rumah


Tukar poin reward

Anda pernah menukar poin reward dari kartu kredit Anda? Bagi Anda yang sering bertransaksi menggunakan kartu kredit, tentunya sangat mengetahui keuntungan ini. Bahkan, ada beberapa pengguna kartu kredit yang sengaja selalu menggunakan kartu kredit pada setiap transaksi yang dilakukannya demi mendapatkan poin
reward.

Pasalnya, apapun transaksi yang Anda lakukan, setiap kartu kredit menawarkan poin
reward.
Jadi, poin ini adalah keuntungan yang diberikan oleh penerbit kartu pada setiap traksaksi dalam jumlah tertentu, dan dapat diakumulasikan jumlahnya. Selanjutnya, Anda dapat menukarkan poin ini dengan berbagai keuntungan lain. Misalnya saja diskon khusus dengan penukaran sejumlah poin,
voucher
belanja, atau hadiah-hadiah lain.


Sebagai prioritas
booking

Apakah pernah ketika memesan tiket perjalanan, kamar hotel, atau reservasi restoran untuk makan malam, kemudian Anda ditanya tentang kepemilikan sebuah kartu kredit tertentu? Ya, fitur inilah disebut prioritas
booking.
Jadi Anda akan menjadi pelanggan prioritas yang diutamakan saat melakukan transaksi dengan kartu kredit tertentu.


Keuntungan yang ditawarkan biasanya berupa harga khusus, bangku khusus untuk reservasi pesawat dan restoran, atau kamar dengan harga khusus untuk reservasi hotel.


Akses gratis lounge bandara


Keuntungan ini mungkin pernah di manfaatkan bagi Anda yang sering melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat. Karena itu tidak jarang benefit ini dijadikan suatu syarat bagi Anda yang gemar melakukan perjalanan untuk memilih dan membandingkan kartu kredit tertentu.


Dengan mendapatkan kartu kredit yang memiliki keuntungan ini, maksudnya Anda akan diberi akses untuk menikmati fasilitas
lounge
khusus saat menunggu pesawat. Di mana tempat ini tidak akan seperti ruang tunggu biasa karena memiliki beberapa fasilitas eksklusif. Selain lebih nyaman,
lounge
ini terkadang menawarkan makanan dan camilan, serta akses internet gratis.


Bila Anda tidak menggunakan promo kartu kredit yag memiliki fitur ini, Anda harus membayar untuk masuk ke sebuah
lounge.
Bisa gratis, namun syaratnya Anda naik pesawat
first class
atau
business class.
Selain itu Anda dapat menggunakannya dengan menjadi nasabah prioritas di sebuah bank tertentu, dan kartu ATM Anda menjadi alat untuk masuk secara gratis.


Asuransi


Bagaimanapun Kartu kredit adalah pinjaman. Ada kewajiban yang harus Anda lakukan setelah menggunakannya, yaitu membayarnya. Inilah pentingnya asuransi pada kartu kredit.


Karena asuransi kartu kredit akan memberikan perlindungan pada kemungkinan risiko yang terjadi pada Anda dan menyebabkan macetnya pelunasan kewajiban yang Anda miliki. Risiko tersebut seperti cacat tetap, dan atau bahkan meninggal dunia.


Untuk mendapatkan fasilitas ini, akan ada premi yang dibebankan dari setiap tagihan kartu kredit yang Anda miliki. Biasanya persentasenya sekitar 0,3 persen – 0,8 persen dari total tagihan. Bila tidak memiliki tagihan maka premi tersebut tidak akan ditagihkan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya