Cara Menteri Rachmat Gobel Cegah Turunnya Harga Karet

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel Sidak ke Gudang Bulog
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, punya cara untuk mencegah turunnya harga karet. Dia akan menggandeng kementerian lain untuk menyerap karet lokal.

"Untuk harga karet jatuh, saya menghubungi Menteri Pekerjaan Umum, Basuki Hadimuljono untuk membahas pembangunan infrastruktur," kata Rachmat dalam konferensi pers kinerja ekspor impor di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa 6 Januari 2015.

Dia meminta agar pembangunan infrastruktur turut menggunakan komoditas ekspor ini dalam bahan bakunya. Tujuannya, supaya karet bisa lebih terserap ke pasar domestik.

"Misalnya, untuk pembuatan jalan, aspal dicampur karet sehingga kualitas bisa naik," tuturnya. Rachmat pun menginginkan, agar karet tak selalu bergantung kepada kondisi global.

"Kalau di pasar dunia kesulitan, bagaimana memberdayakan pasar domestik kita," jelasnya.

Tak hanya karet, lanjutnya, hal serupa juga berlaku kepada minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO).

"Saya menginginkan agar CPO terserap ke pasar domestik, sawit juga. Mengapa tidak dibutuhkan untuk energi kita. Jadi, kami melihat pasar domestik harus diberdayakan," terangnya.

Seperti diketahui, ada peraturan yang memerintahkan adanya campuran CPO sebesar 10 persen untuk solar dan campuran itu meningkat menjadi 20 persen pada 2018. Kementerian Perdagangan menyambut positif peraturan itu.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Partogi Pangaribuan menerangkan, program 10 persen biodiesel dan 20 persen biodiesel pada 2018 itu merupakan kewajiban.

"Kita tak boleh lagi memanfaatkan ekspor mentah. Kita memanfaatkannya menjadi energi di dalam negeri. Bagaimanapun ini harus didorong," tambah Partogi. (art)

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024

Baca juga:

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses
Liverpool vs Atalanta

Prediksi Liga Europa: Atalanta vs Liverpool

Duel Atalanta vs Liverpool dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024