3 Alasan Anda Perlu Asuransi Perjalanan

Bandara Hong Kong
Sumber :
  • REUTERS/Bobby Yip
VIVAnews
Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini
- Risiko perjalanan tidak bisa ditebak. Potensi Anda mengalami risiko seperti kehilangan barang hingga kecelakaan diri saat melakukan perjalanan bisa saja terjadi.

Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah

Meski begitu, masih banyak yang belum tahu tentang manfaat asuransi perjalanan, yang dapat melindungi Anda dari risiko-risiko tersebut.
Kebocoran Uang yang Sering Tak Disadari Pemilik Rumah


Bahkan, sebuah data dari World Tourism Organization (WTO) pernah menyebutkan bahwa 95 persen pelancong asal Indonesia tidak terlindungi asuransi perjalanan.


Agar tidak ragu lagi dan berpikir dua kali untuk menyertakan asuransi perjalanan pada setiap perjalanan Anda, berikut adalah tiga alasan yang wajib Anda ketahui:


Perlindungan Berbeda

Selain cakupan perlindungan kesehatan dan jiwa, asuransi perjalanan memiliki perlindungan yang berbeda dibanding asuransi lainnya. Cakupannya terdiri dari risiko darurat dan non-darurat. Risiko darurat seperti sakit atau kecelakaan dalam periode perjalanan. Di sini Anda akan memperoleh manfaat penggantian biaya pengobatan.


Sedangkan risiko non-darurat adalah risiko yang terkait ketidaknyamanan perjalanan. Misalnya keterlambatan penerbangan, keterlambatan datangnya bagasi, rusak dan hilangnya bagasi, hilangnya dokumen perjalanan, dan pembatalan perjalanan.


Untuk risiko ini Anda akan mendapatkan penggantian biaya kerugian hingga akomodasi bila Anda harus sampai menginap untuk menunggu jadwal penerbangan selanjutnya.


Itulah yang membedakan perlindungan dan manfaat asuransi perjalanan dengan asuransi lainnya. Karena perlindungan-perlindungan itu tidak dijamin dalam asuransi jiwa, asuransi kecelakaan diri atau kesehatan yang mungkin sudah Anda miliki.


Syarat Visa Schengen


Karena dianggap penting, beberapa negara sampai menjadikan asuransi perjalanan sebagai salah satu syarat untuk mengajukan visa untuk berkunjung ke negaranya. Salah satunya adalah saat Anda ingin berkunjung atau melakukan perjalanan ke negara yang memiliki Visa Schengen.


Sekitar 25 negara sudah tergabung untuk memakai Visa Schengen ini. Negara-negara tersebut adalah Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Swiss.


Jadi, ketika Anda berencana mengunjungi salah satu dari negara-negara tersebut, maka sudah pasti Anda diwajibkan untuk melamar Visa Schengen dan memiliki asuransi perjalanan.


Dengan visa ini, Anda akan dapat melakukan perjalanan ke berbagai negara yang tergabung tanpa harus mengajukan permohonan visa ke masing-masing kedutaan negara. Bersama formulir aplikasi Visa Schengen, Anda akan menyerahkan polis asuransi perjalanan dan sertifikat yang memenuhi persyaratan asuransi perjalanan Visa Schengen kepada konsulat negara yang dituju.


Harta benda di rumah juga dapat perlindungan


Asuransi perjalanan tidak hanya memiliki manfaat bagi diri Anda secara pribadi. Sebab asuransi ini dapat di ajukan dengan paket keluarga. Maksudnya, keluarga Anda yang ikut melakukan perjalanan bersama Anda pun akan dilindungi.


Bahkan perlindungan yang diberikan juga bukan hanya barang yang Anda bawa selama perjalanan. Sebab harta benda yang Anda tinggalkan di rumah pun bisa mendapatkan perlindungan. Paling penting, bila risiko yang terjadi adalah sakit, kecelakaan, hingga meninggal dunia, ada pula pertanggungan pemulangan seorang nasabahnya ke negara asal atau tempat tinggal.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya