Belanja Online Marak, Supermarket Ini PHK Ribuan Pegawai

JC Penney, jaringan supermarket AS
Sumber :
  • BBC News
VIVAnews
Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng
- Dua rantai supermarket besar di Amerika Serikat, JC Penney dan Macy's telah mengumumkan rencananya untuk menutup beberapa gerai supermarketnya dan merumahkan ribuan pekerjanya.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Dilansir
Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly
BBC News , Jumat 9 Januari 2015, JC Penney mengumumkan akan menutup 40 gerai supermarketnya dari 1.060 jaringan supermarket yang dimilikinya. Penutupan itu akan dilakukan pada 4 April 2015 dan meng-PHK (pemutusan hubungan kerja) 2.250 karyawannya.


Sementara itu, Macy's akan menutup 14 supermarketnya dari 790 jaringan supermarket yang dimiliki dalam beberapa bulan ke depan. Rencananya, jaringan supermarket ini akan merumahkan 1.300 pegawainya. Di lain sisi, Macy's masih berencana membuka gerai baru.


Kedua pemilik jaringan supermarket ini terkena imbas dari tumbuh pesatnya penjualan online. Mereka menganggap tren belanja online akan terus berkembang ke depan.


JC Penney sudah merencanakan menutup gerainya sejak setahun lalu, setelah perusahaan itu melakukan restrukturisasi. Sebelumnya, jaringan supermarket ini telah menutup 33 gerainya dan merumahkan 2.000 pegawainya.


Chief Executive
JC Penney saat itu, Mike Ullman, mundur
pada Agustus 2014 dan digantikan oleh mantan bos Home Depot, Marvin Ellison.


Awal pekan ini, JC Penney memaparkan penjualan dua bulan terakhir pada 2014 naik 3,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Kenaikan penjualan tersebut menyebabkan harga sahamnya melonjak tajam.


Macy's menuturkan, dengan penjualan online dan merumahkan ribuan pekerjanya, perusahaan bisa menghemat US$140 juta dalam setahun berkat restrukturisasi yang telah dilakukan.


Sementara itu, Macy's mengungkapkan, perusahaan membukukan penjualan pada November-Desember 2014 naik 2,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.


Tahun lalu, Macy's juga sudah mengumumkan rencana penutupan gerainya secara bertahap. Pada 2014, Macy's telah menutup lima gerai supermarketnya dan merumahkan 2.500 pekerja. (art)


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya