Cara Menteri Amran Sulaiman Atasi Kurangnya Tenaga Penyuluh

Sejumlah petani menanam padi di areal sawah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVAnews - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengakui kurangnya tenaga penyuluh pertanian. Tenaga ini diperlukan oleh Kementerian Pertanian untuk membina keterampilan petaninya.

"Kami membutuhkan penyuluh sebanyak 70 ribu, tapi yang ada sekarang 20 ribu orang," ujar Amran dalam silaturahmi menteri pertanian dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, di Jakarta, Jumat 9 Januari 2015.

Amran pun menyampaikan bahwa kementerian kesulitan merekrut tenaga baru. Kondisi ini, dia melanjutkan, karena ada moratorium pegawai negeri sipil (PNS).

Oleh karena itu, untuk memenuhi tenaga penyuluh, dia mendekati TNI Angkatan Darat. Amran bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Beliau siap mengerahkan 50 ribu Babinsa (Bintara Pembina Desa)," ungkapnya.

Bahkan, dia menyatakan, TNI siap mendukung swasembada pangan yang ditargetkan oleh pemerintah. "Dia bilang, 'Panglima, copot saya kalau tidak masuk (swasembada pangan)," ujar dia seakan menirukan ucapan KSAD.

Dengan begitu, dia mengharapkan, masalah tenaga penyuluh pertanian selesai. "Tinggal kami latih Babinsa-nya," tambah Arman. (art)

Baca juga:

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

VIVA Otomotif: Motor listrik hasil konversi

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi memberikan konversi motor listrik secara cuma-cuma atau gratis untuk masyarakat. Bagaimana cara ikut programnya?

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024