Pegadaian Tunjuk Jamkrindo Jamin Risiko Kredit Kreasi

Pegadaian
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Perum Jamkrindo resmi ditunjuk sebagai penjamin risiko kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang disalurkan PT Pegadaian.

"Pegadaian menyalurkan kredit usaha kecil untuk UKM, kami bekerja sama dengan Jamkrindo untuk cover risiko," kata Dirut Pegadaian, Suwhono, dalam acara penandatangan Perjanjian Kerja Sama tentang Penjaminan Kredit Pegadaian Kreasi di kantor pusat Pegadaian, Jakarta, Selasa 13 Januari 2015.

Kreasi (Kredit Angsuran Sistem Fidusia) adalah kredit yang diberikan kepada UMKM. Perusahaan pelat merah ini mengklaim prosedur pengajuan kredit ini sederhana, mudah, dan cepat. Suwhono mencatat jumlah pinjaman kredit Kreasi hingga saat ini mencapai Rp625 miliar.

"Dulu, yang menyalurkan hanya 200 outlet. Sekarang 4.600 outlet yang menyalurkan," kata dia.

Kredit tersebut bisa diperoleh di kantor cabang Pegadaian di seluruh Indonesia. Jangka waktu pinjaman mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan.

"Dalam tempo tiga hari, kredit bisa cair," kata dia, seraya menambahkan bunga kredit 0,9 persen per bulan, dengan agunan BPKB.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Dirut Jamrindo, Diding S Anwar, Direktur Penjaminan Non Bank Jamkrindo, Nanang Waskito, dengan Dirut Pegadaian, Suwhono. (one)

Kinerja Kredit BCA 2015 Tumbuh 11,9 Persen

Baca juga:



Alasan Mengapa Harus Segera Lunasi Utang

Tak perlu berutang jika mampu membeli tunai.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016